Khasiat Semangka untuk Ibu Hamil dan Jenisnya

3 min read

semangka untuk ibu hamil

Semangka merupakan tumbuhan merambat yang mengandung sekitar 90% air. Ciri semangka adalah kulit buah yang tebal, berdaging, dan licin. Semangka memiliki bentuk yang beragam, yaitu bulat, lonjong, bahkan saat ini ada yang berbentuk kotak atau variasi bentuk lain. Buah ini juga mengandung berbagai sumber nutrisi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda, termasuk juga pada ibu hamil.

Manfaat atau Khasiat Buah Semangka

1. Semangka Untuk Menjaga kesehatan tubuh

• Mencegah Kram Otot
Salah satu kandungan nutrisi dalam semangka yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu senyawa asam amino citruline. Senyawa ini diketahui mampu membuat otot lebih rileks sehingga mencegah terjadinya ketegangan otot. Maka dari itu, biasanya semangka dikonsumsi sebelum dan sesudah olahraga bagi para atlet, untuk menghindari kram dan kaku otot.

• Mencegah Dehidrasi
Dehidrasi adalah suatu kondisi yang terjadi apabila tubuh kekurangan asupan cairan. Efek yang timbul jika tubuh mengalami dehidrasi, yaitu lemas, tidak bertenaga, serta kurang berkonsentrasi. Maka, untuk mengganti kehilangan cairan tubuh, air yang terkandung dalam semangka dapat dijadikan solusi yang ampuh untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

• Mencegah Asma
Semangka merupakan buah yang memiliki banyak khasiat, salah satunya dapat mencegah penyakit asma. Meskipun tidak dapat menyembuhkan, buah semangka dapat mencegah gejala atau penyakit pernapasan yang dapat menimbulkan asma. Vitamin C yang terkandung dalam buah semangka diketahui mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mencegah gangguan pernapasan.

• Menurunkan Tekanan Darah
Ternyata semangka dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Biasanya orang yang memiliki tekanan darah tinggi diberi saran untuk mengkonsumsi semangka secara rutin sebagai obat alternatif alami. Semangka bermanfaat untuk memperlancar aliran pembuluh darah dan mempermudah kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

• Semangka Untuk Diet
Asam amino citruline yang terdapat dalam semangka sangat baik untuk mengatasi lemak dalam tubuh. Citruline diubah di dalam ginjal menjadi arginin. Setelah berubah dalam bentuk arginin, kemampuannya lebih tinggi dalam melemahkan sel-sel lemak dalam tubuh. Lemak akan larut dalam saluran pengeluaran, maka semangka sangat bermanfaat untuk diet.

2. Semangka Untuk Ibu Hamil

• Meringankan Morning Sickness
Morning sickness merupakan hal yang biasa dialami wanita pada awal kehamilan. Namun, tentu saja hal ini tetap mengganggu bagi anda yang tidak terbiasa mengalaminya. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, ternyata semangka dapat digunakan untuk mencegah morning sickness. Rasa yang manis dan segar dari buah ini dapat membuat anda semakin ketagihan.

• Sumber Vitamin
Berdasarkan penelitian para ahli, buah semangka mengandung berbagai jenis nutrisi, yaitu Vitamin A, C, B6, magnesium, dan potasium. Semua nutrisi tersebut memiliki manfaat yang tinggi terutama bagi tumbuh kembang janin terutama otak, saraf, imunitas, dan masih banyak lagi. Bagi ibu hamil, potasium berguna untuk menyeimbangkan kadar air dalam darah.

• Mencegah Asam Lambung
Perubahan kadar hormon pada masa kehamilan sering kali menjadi pemicu meningkatnya kadar asam lambung. Hal ini menyebabkan ibu hamil sering kali mengeluh mengalami heartburn (rasa panas di bagian dada). Semangka dapat menjadi solusi bagi ibu yang memiliki keluhan ini, anda hanya perlu makan 2-3 potong semangka, maka rasa panas di dada perlahan akan hilang.

• Menangani Hiperpigmentasi
Terjadinya penumpukan toksin saat kehamilan, menyebabkan adanya hiperpigmentasi di bagian tubuh tertentu. Kondisi ini mengakibatkan ibu menjadi kurang percaya diri dengan penampilannya. Maka, semangka dapat menjadi solusi untuk membantu memperlancar pencernaan, sehingga toksin yang tertumpuk dalam tubuh dapat keluar dan kulit ibu terhindar dari hiperpigmentasi.

• Mengurangi Pembengkakan
Pembengkakan biasa terjadi pada ibu hamil, terutama di bagian kaki, tangan, serta wajah. Pembengkakan atau biasa dikenal dengan edema disebabkan oleh penyumbatan di bagian pembuluh darah. Kandungan air dalam semangka dapat menjadi solusi masalah ini, karena dapat mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah, sehingga anda tidak perlu khawatir lagi.

• Mengurangi Risiko Preeklamsia
Preeklamsia merupakan suatu gangguan kehamilan yang ditandai dengan hipertensi, edema, serta tes protein positif.Menurut studi dalam International Journal of Gynecology and Obstetrics, mengkonsumsi likopen dapat mengurangi risiko terjadinya preeklamsia pada ibu hamil hingga 50%. Dalam 1 porsi semangka diketahui mengandung 12 mg likopen yang dapat dikonsumsi ibu.

Berbagai jenis semangka yang perlu anda ketahui

1. Semangka Lokal
Jenis semangka ini berasal dari Malang, Jawa Timur. Berbentuk oval dan berwarna hijau tua atau muda. Daging buahnya berwarna merah, terasa manis, dan bijinya banyak. Semangka merah ini tidak akan berubah kualitasnya meskipun bijinya ditanam kembali atau bisa disebut open pilineted. Banyak petani semangka yang membudidayakan semangka jenis ini.

2. Semangka Hybrida

• New Dragon
Jenis semangka ini berasal dari Taiwan dengan ciri daging tebal, berwarna merah dan manis, kulit buah berwarna hijau muda dengan garis hijau tua, serta bijinya sedikit. Kulit ari dari semangka ini terkenal tebal sehingga tahan terhadap benturan. Beratnya dapat mencapai 9 kg/buah. Buah ini sudah dapat dipanen 80 hari setelah ditanam.

• Golden Crown
Jenis semangka ini juga berasal dari Taiwan, diproduksi oleh Known Your Seed Factory. Buahnya berbentuk lonjong, kulit buah berwarna kuning cerah, daging buah tebal berwarna merah, namun rasanya kurang manis (mengandung 12% kadar gula), serta berbiji kecil.

• Sweet Beauty
Jenis ini merupakan salah satu unggulan dari Known Your Seed Factory. Buah ini berbentuk bulat, mempunyai rasa yang manis (kandungan gula 12 – 14%), daging tebal berwarna merah, berbiji, kulit tebal sehingga tahan saat pengangkutan, serta berwarna hijau muda dengan garis hijau tua. Buah ini dapat dipanen 3 bulan setelah ditanam.

• Yellow Baby
Buah semangka jenis ini berasal dari Taiwan, berbentuk bulat lonjong dan besar, kulit berwarna hijau muda, daging buah berwarna kuning dan lumayan tebal, rasanya kurang manis. Buah ini merupakan salah satu jenis semangka kuning yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Buah ini dapat dipanen dalam jumlah banyak 75 hari setelah dipanen.

• Farmer Giant
Semangka jenis ini memiliki ukuran yang besar, memiliki kadar air yang sangat banyak, beratnya bisa mencapai 10 kg/buah. Berbentuk bulat dengan kulit buah berwarna hijau bergaris hijau muda, kulit yang keras, serta daging buah yang tebal dan berwarna merah.

• Quality
Jenis semangka ini berasal dari taiwan (known you seed Factory). Semangka ini disebut berkualitas karena tidak terdapat biji di rongganya, beratnya dapat mencapai 15 kg/buah. Berbentuk bulat, daging buah berwarna merah tebal dan manis. Buah ini menghasilkan buah lebih banyak dibanding jenis lainnya dan tahan penyakit. Dapat dipanen setelah 3 bulan.

3. Semangka Bojonegoro
Semangka ini berasal dari Bojonegoro, Jawa Timur, berbentuk bulat melonjong, kulit buah tipis dan keras serta berwarna hijau tua, daging buah tebal dan berwarna merah kekuningan, rasanya kurang manis dan berbiji banyak.

Semangka Terbesar Di Dunia

Semangka paling besar didunia yaitu yang dimiliki Chris Kent dari Tennessee, Amerika Serikat ini memecahkan rekor dunia dengan bobot 159 kg pada 4 Oktober 2013. Chris mendapat anugerah penghargaan pada Operation Pumpkin festival, di Hamilton, Ohio pada 3 – 5 Oktober 2013. Selain semangka terbesar, kini teknologi juga mulai mengembangkan jenis semangka non biji untuk diproduksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *