Pengertian dan Jenis Sayuran Bayam

3 min read

sayuran bayam

Bayam merupakan sayuran yang kaya nutrisi dan gizi serta digemari oleh banyak orang. Mulai dari usia tua hingga anak kecil usia 5 tahun suka dengan sayuran ini. Saat ini mengikuti perkembangan zaman, sayuran bayam ini sudah diolah dengan berbagai bentuk sajian dan memiliki rasa khas yang berbeda – beda. Namun fungsi dan khasiatnya tetap utuh.

Pengertian Bayam

Bayam merupakan tumbuhan atau tanaman yang biasanya di budidayakan untuk tujuan di konsumsi sebagai sayuran pendamping nasi. Sayuran ini  memiliki warna hijau dengan pohon yang tidak tidak tinggi. Dari bagian pohonnya yang biasa digunakan untuk bahan sayur adalah daun dan batang yang masih muda.

Tumbuhan ini mengandung zat besi yang sangat tinggi. Jika ada orang yang kekurangan zat besi biasanya di sarankan untuk mengkonsumsi sayur ini secara rutin. Tanaman ini merupakan tanaman terna satu musim yang cocok ketika di tanam di iklim tropis seperti Indonesia dan dengan yang kuat.

Kenapa menggunakan pencahayaan yang kuat, karena tanaman ini tergolong tumbuhan C4 yang merupakan jenis tanaman tahan terhadap cahaya secara langsung. Batang tanaman ini memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga kurang berkayu. Bentuknya bulat telur, agak lemas jika yang bagian tua dan jika bagian muda sangat lunak.

Warna tumbuhan secara keseluruhan adalah hijau, merah atau hijau keputihan tergantung dengan jenis yang anda budidayakan atau yang anda beli untuk konsumsi.  Bunga tanaman ini memiliki susunan yang majemuk dan rapat dimana bagian bawah bunga duduk di ketiak daun, sedangkan bagian atasnya berkumpul menjadi karangan bunga di ujung tangkai dan ujung percabangan.

Biji  tanaman ini berwarna hitam, ukurannya sangat kecil dan keras jika anda pegang.  Biji ini biasanya berguguran di terpa angin jika tidak di panen oleh pemiliknya yang kemudian setelah musim hujan bijinya tumbuh menjadi tanaman bayam baru di tempat biji tersebut jatuh.

Tanaman ini biasa digunakan sebagai sayur oleh masyarakat Asia Timur dan Asia Tenggara termasuk Indonesia yang menjadikan tanaman ini sebagai sayur atau masakan tradisional lain.  jika anda pergi kepasar untuk membeli sayuran anda akan menemui dua jenis tanaman ini. Pertama adalah jenis petik dan kedua jenis cabut.

Jenis pertama merupakan sayuran dengan daun lebar dan tumbuhnya tegak besar, pertumbuhannya bahkan mencapai 2 meter. Daun muda pada jenis ini biasanya di makan untuk lauk segar saat makan pecel, gado – gado atau digunakan sebagai bahan urap – urap. Yang paling terbaru adalah daun muda dan tua tanaman ini di olah menjadi daun goreng setelah di beri tepung.

Jenis yang kedua hampir sama hanya saja daunnya lebih kecil, biasanya daun jenis ini warnanya merah dan lebih sering di gunakan sebagai tanaman hias meski jika dibuat sebagai sayur rasanya juga enak. Tanaman ini memiliki jenis akar tanaman yaitu akar tunggang yang biasanya di manfaatkan sebagai obat alternatif.

Jenis Bayam

Tanaman ini memiliki banyak jenis di Indonesia antara lain jenis petik, jenis cabut, jenis berduri, jenis daun merah serta jenis itik. Semua jenis sayuran bayam tersebut memiliki fungsi masing – masing dan manfaat masing – masing.

  1. Bayam petik

Jenis ini biasanya tumbuh di tempat liar, karena Indonesia adalah daerah subur maka tanaman ini dapat tumbuh di mana saja dengan mudah.

  1. Bayam cabut

Memiliki nama cabut karena disesuaikan dengan cara panennya, tanaman jenis ini biasa di panen dengan cara di cabut dan kemudian di jual ke pasar beserta dengan akar tunggangnya. Usia panennya biasanya 25 hari.

  1. Bayam berduri

Namanya berduri karena memang pada batang tanaman ini memiliki duri, sehingga tanaman jenis ini biasanya di gunakan sebagai makanan sapi atau kambing. Tidak untuk di konsumsi manusia, karena durinya sangat tajam dan kecil – kecil.

  1. Bayam merah

Jenis tanaman ini memiliki warna daun merah, oleh karena itu dinamakan bayam merah. Jenis ini jarang digunakan sebagai sayur biasanya digunakan sebagai obat tradisional oleh orang – orang tua terdahulu.

  1. Bayam itik

Jenis ini adalah yang paling berbeda, batang dan daunnya sangat kecil serta halus dan memiliki perbedaan pada warna daun. Bagian tengah daun tanaman jenis ini memiliki warna merah sedangkan bagian tepinya berwarna hijau.

Manfaat Dan Bahaya Bayam

Tanaman kecil yang kadang tumbuh secara liar ini memiliki banyak fungsi untuk kesehatan, diantaranya adalah dapat digunakan untuk menurunkan berat badan bagi para wanita yang ingin diet. Selanjutnya dapat digunakan untuk meningkatkan kejantanan pria, pria yang mengkonsumsi sayuran ini dengan baik dapat meningkatkan kualitas spermanya.

Sayuran ini juga dapat digunakan sebagai terapi untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah peningkatan gula darah sehingga tidak menyebabkan diabetes. Selain itu konsumsi sayuran ini secara rutin juga dapat melancarkan sistem pencernaan. Bagi yang bermasalah dengan saluran pencernaan makanlah sayur tanaman ini maka akan membaik dengan cepat.

Masih banyak manfaat tanaman kecil ini bagi kesehatan tubuh, namun sebaik apapun nutrisi pada sayuran jenis ini jika di konsumsi dengan berlebih juga menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan. Salah satu efek sampingnya adalah tekanan darah anda akan meningkat dengan cepat jika terlalu sering konsumsi sayuran ini.

Sayur dari tanaman ini juga tidak bisa di konsumsi setelah lebih dari 6 jam dari waktu memasak, jika anda nekad memakan sayur ini setelah waktu tersebut maka anda harus siap menerima risikonya yaitu keracunan. Bahkan jika tidak segera ditolong dapat berakibat fatal. Untuk pembahasan masalah manfaat dan bahaya bayam secara detail akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Cara Menanam Bayam

Sayuran bayam ini dapat ditanam dengan banyak cara, karena tanaman ini mudah untuk di budidayakan dan mudah hidup dalam kondisi apapun asalkan kebutuhan airnya terpenuhi. Cara menanam tanaman ini juga sangat mudah karena bisa di lakukan di mana saja asal ada medianya dan air.

Cara yang biasa digunakan oleh petani sayur adalah cara hidroponik, tanam langsung pada pekarangan rumah atau menggunakan pot dan polybag. Untuk metode dan langkah kerja menanamnya pada dasarnya hampir sama hanya media dan alat tanamnya saja yang sedikit berbeda.

Untuk dapat membudidayakan bayam tentu anda harus memiliki lahan terlebih dahulu, kemudian benih yang berkualitas juga harus disiapkan. Untuk mendapatkan benih berkualitas sangat mudah anda bisa mendapatkannya dari mana saja sesuai keinginan anda. Kemudian siapkan peralatan untuk berkebun dengan lengkap.

Kemudian setelah lahan, peralatan dan benih siap lanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu melakukan penyemaian benih jika ditanam secara hidroponik dan jika di tanam secara langsung bisa disemai langsung pada ladang atau area perkebunan khusus.

Seperti halnya melakukan budidaya tanaman lainnya anda juga harus melakukan perawatan terhadap tanaman anda, jangan sampai kekurangan air, nutrisi atau unsur lain yang dibutuhkan oleh tanaman. Supaya ketika panen hasilnya tidak membuat anda kecewa. Pembahasan tentang cara menanam bayam akan dibahas lebih mendalam pada artikel selanjutnya dari TaniMuda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *