Manfaat Semangka yang Jarang Diketahui Masyarakat

3 min read

Buah Semangka

Semangka merupakan buah yang terkenal dengan kandungan airnya yang banyak. Sehingga, manfaat buah semangka yang umumnya diketahui masyarakat adalah menjaga cairan tubuh agar terhidrasi dengan baik. Padahal ada manfaat lain yang jarang diketahui orang, salah satunya kandungan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh, seperti Vitamin A, Vitamin C, kalium, dan nutrisi lainnya.

Buah semangka mengandung sumber nutrisi lengkap dan menyegarkan bagi tubuh. Apabila anda makan semangka maka anda sudah mendapat berbagai manfaat nutrisi. Semangka bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin makan buah dengan kandungan nutrisi lengkap. Lalu, apa manfaat semangka? Berikut ulasannya.

Gambar Semangka

Manfaat Semangka Bagi Kesehatan

1. Kesehatan Jantung
Menurut penelitian Universitas Purdue, buah semangka mengandung lycopene dan arginine yang cukup tinggi. Kegunaan dari lycopene, efektif dalam melindungi sel dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan arginine berfungsi menurunkan lemak berlebih yang dapat menyebabkan terjadinya risiko kolesterol dan serangan jantung.

2. Hidrasi tubuh
Dehidrasi merupakan gangguan yang disebabkan kurangnya asupan air mineral dalam tubuh. Akibat yang terjadi apabila kekurangan air mineral dalam tubuh yaitu lemas, tidak bertenaga dan kurang konsentrasi. Selain itu, kurang cairan tubuh membuat ginjal harus bekerja lebih berat, hal ini dapat mengakibatkan timbulnya gangguan pada ginjal.
Semangka merupakan buah yang tepat jika anda ingin merasa kenyang dan tubuh tetap terhidrasi secara bersamaan. Kandungan air pada buah semangka dapat melindungi tubuh anda agar tidak dehidrasi, serta status nutrisinya pun penuh kandungan elektrolit yang baik. Buah semangka juga baik untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil dalam cuaca panas yang menyengat.

3. Menurunkan tekanan darah
Bagi anda yang sedang atau memiliki riwayat hipertensi, buah semangka merupakan obat alternatif alami yang biasanya diresepkan untuk menurunkan tekanan darah anda. Kandungan citrulline pada semangka bermanfaat meningkatkan aliran darah agar lebih stabil. Anda dapat mengubah variasi buah semangka dengan membuatnya menjadi jus agar lebih segar dan mudah dikonsumsi.

4. Mengatasi nyeri otot
Berdasarkan studi Journal of Agricultural and Food Chemistry, diketahui bahwa citrulline asam amino yang terkandung di dalam semangka bermanfaat untuk meredakan nyeri otot. Telah dibuktikan bahwa mengonsumsi jus semangka, 1 jam sebelum berolahraga dapat mengurangi risiko nyeri otot. Semangka juga sangat efektif untuk atlet setelah mereka melakukan pertandingan.

5. Buah untuk diet
Ternyata, manfaat makan semangka malam hari akan membantu proses diet tubuh. Citruline dalam buah semangka terbukti efektif untuk mengurangi lemak dalam tubuh. Senyawa ini diubah oleh ginjal dan menjadi arginin. Senyawa arginin bermanfaat untuk melemahkan sel-sel lemak dalam tubuh yang setelahnya akan larut dalam saluran ekskresi. Agar diet anda mendapatkan hasil yang maksimal, anda dianjurkan mengkonsumsi semangka pada malam hari.

Buah Semangka

Manfaat Semangka Untuk Wajah

1. Mencegah Penuaan Dini
Terdapat beberapa kandungan nutrisi pada buah semangka, yaitu likopen, vitamin C dan vitamin A. Kandungan ini bermanfaat mengurangi paparan radikal bebas yang menyebabkan garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik hitam pada kulit. Antioksidan dalam semangka juga mengurangi radikal bebas dan mencegah tanda-tanda penuaan.

2. Melembabkan Kulit
Semangka mengandung banyak air, sehingga dapat membuat tubuh dan kulit terhindar dari dehidrasi. Maka dari itu, jika ingin kulit anda terhindar dari rasa kering dan kusam, anda dapat mencampurkan semangka dan madu untuk melindungi kelembaban kulit. Anda tinggal mengaplikasikan masker semangka dan madu di wajah anda untuk hasil yang lebih baik.

3. Mengurangi Minyak dan Obat Jerawat
Manfaat masker semangka ternyata tidak hanya melembabkan kulit saja. Kandungan vitamin A pada semangka, dapat memperkecil ukuran pori-pori kulit dan meminimalkan sekresi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous. Menggunakan masker semangka secara rutin dapat menjadi obat alami untuk menyembuhkan jerawat. Jika anda rentan terhadap jerawat, maka gunakan semangka untuk mengatasi masalah kulit Anda.

Manfaat Semangka Untuk Pria

1. Meningkatkan Libido
Berdasarkan beberapa penelitian, jus semangka terbukti bermanfaat bagi pria untuk mengatasi disfungsi ereksi ringan sampai sedang. Kandungan Citrulline yang terdapat dalam semangka berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan libido (seperti obat kuat). Agar  mendapatkan manfaat jus semangka untuk pria yang maksimal, anda dapat mengolahnya bersama kulit semangka untuk dikonsumsi.

2. Kesehatan Prostat
Buah semangka diketahui dapat meningkat kesehatan prostat pada pria, buah ini pun mengandung likopen yang lebih tinggi dibanding tomat maupun sayuran lainnya. Likopen adalah antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit, jantung, dan mencegah kanker prostat. Bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit kanker prostat, dapat mengkonsumsi buah ini secara rutin.

Manfaat Semangka Bagi Ibu Hamil

1. Mengurangi pembengkakan pada ibu hamil
Manfaat semangka buat ibu hamil yang pertama adalah mengurangi pembengkakan. Buah semangka mengandung 92% air yang bermanfaat bagi ibu hamil yang mengalami edema atau pembengkakan, yang biasanya terjadi pada kaki, tangan, maupun wajah. Kandungan air dalam semangka dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi karena penyumbatan aliran darah. Namun, buah ini tidak dianjurkan bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah rendah.

2. Mencegah Pigmentasi
Masalah pigmentasi pada ibu hamil adalah hal yang biasa. Pigmentasi merupakan hal yang wajar bagi ibu hamil, ini disebabkan peningkatan hormon saat kehamilan. Namun, ternyata pigmentasi dapat dicegah, yaitu dengan konsumsi semangka secara rutin. Buah ini dapat melancarkan pencernaan dan menjaga gerakan usus halus, yang berpengaruh terhadap kondisi kulit.

3. Mengatasi Morning Sickness
Pada trimester awal kehamilan, sebagian besar ibu akan mengalami morning sickness. Ini merupakan hal yang wajah sebagai tanda awal kehamilan. Untuk mengurangi masalah morning sickness yang terjadi secara berlebihan, anda dapat mengkonsumsi buah semangka. Buah ini bermanfaat untuk meningkatkan energi dan sumber gizi, serta mengurangi keluhan ibu hamil.

Manfaat Semangka Untuk Bayi

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Vitamin C yang terkandung dalam buah semangka, memiliki fungsi penting bagi tubuh bayi. Buah ini berguna untuk membantu melawan infeksi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun), serta membantu mempercepat proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Apabila sistem kekebalan semakin kuat, maka tubuh bayi semakin terhindar dari bahaya penyakit di sekitarnya.

2. Meningkatkan Penglihatan
Perlu anda ketahui bahwa menjaga dan meningkatkan kesehatan penglihatan bayi dibutuhkan Vitamin A yang cukup di dalam tubuhnya. Vitamin A dapat diperoleh dengan memberikan semangka ketika bayi mulai menginjak usia 8 – 10 bulan. Manfaat lain dari Vitamin A, dapat membuat kulit lebih sehat dan berguna untuk pertumbuhan gigi bayi anda.

3. Perkembangan Tulang
Kandungan mineral yaitu kalsium dan mangan yang terdapat dalam semangka, berguna untuk membantu perkembangan tulang pada bayi anda. Kalsium berfungsi untuk menghasilkan hormon pertumbuhan, sehingga dapat memperkuat fungsi tulang pada bayi. Sedangkan, magnesium dapat digunakan untuk membantu membangun fungsi otot dan perkembangan saraf bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *