Manfaat dan Bahaya Kangkung

3 min read

Anda gemar makan kangkung? Tahukah Anda mengenai manfaat serta bahaya yang dimiliki oleh sayur hijau yang satu ini? Kangkung atau biasa disebut sebagai bayam air merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah ditemukan di Indonesia.Bukan tanpa alasan kangkung menjadi sayur favorit. Selain cita rasa yang lezat serta tekstur yang renyah, kangkung juga menyimpan banyak manfaat.

Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa bahaya yang mengintai jika Anda mengonsumsi kangkung secara berlebihan. Mungkin Anda sering mendengar kabar bahwa mengonsumsi kangkung bisa menyebabkan rasa kantuk dan lain sebagainya. Lalu, apa saja manfaat dan bahaya kangkung? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat Kangkung

Hampir semua jenis sayuran menyimpan khasiat untuk kesehatan tubuh, begitu juga dengan kangkung. Tanaman yang banyak ditemukan di area persawahan dan kebun ini mempunyai kandungan vitamin yang cukup tinggi, terutama vitamin A dan vitamin C. Menurut penelitian, 56 gram kangkung mampu memenuhi sekitar 70 persen kebutuhan vitamin C harian dan 51 persen vitamin C harian.

Tidak hanya itu, kangkung juga mempunyai kandungan nutrisi berupa mineral penting seperti kalsium, magnesium, kalium, zat fosfor, dan zat besi. Anda tidak perlu khawatir dengan jumlah kalori yang dimiliki. Secangkir kangkung mentah atau setara 56 gram mengandung kalori yang cukup rendah, yaitu hanya sekitar 11kalori saja.

Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut, apa saja manfaat kangkung untuk kesehatan? Temukan berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi sayur kangkung secara rutin dan tidak berlebihan:

  • Menurunkan resiko penyakit kronis

Penyakit kronis seperti kanker timbul akibat lemahnya sistem kekebalan tubuh. Untuk meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan, Anda perlu mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Kangkung merupakan salah satu jenis sayur yang kaya akan vitamin C tersebut. Dengan mengonsumsi secara teratur, Anda bisa memastikan kebutuhan vitamin C harian akan terpenuhi.

Selain meningkatkan imun tubuh, vitamin C juga berfungsi melawan kerusakan sel.Berbagai penyakit kronis seperti stroke atau jantung sangat berpotensi menimbulkan kerusakan pada sel tubuh. Dengan konsumsi kangkung secara rutin,Anda bisa meminimalisir rusaknya sel.

  • Mengatasi anemia

Kangkung diketahui mempunyai kandungan mineral yang tinggi. Mineral berfungsi menjaga cairan serta elektrolit dalam tubuh. Beberapa jenis mineral seperti fosfor dan zat besi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, lebih tepatnya untuk mencegah dan mengatasi gejala anemia. Zat besi mampu meningkatkan produksi sel darah merah yang penting untuk mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh.

  • Mencegah dehidrasi

Tahukah Anda? Konsumsi kangkung secara rutin juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi.Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral pada kangkung berupa natrium dan kalium yang berfungsi menjaga cairan dan elektrolit tubuh.

  • Mencegah kerusakan hati

Sejak ratusan tahun yang lalu, kangkung dipercaya mampu mencegah kerusakan hati. Kabar tersebut ternyata bukan isapan jempol belaka karena telah terbukti di jurnal Molecules. Kangkung mempunyai senyawa yang mampu melindungi hati dari luka,kerusakan, dan peradangan. Kangkung juga meningkatkan produksi enzim untuk proses detoksifikasi hati dari kandungan racun.

  • Mencegah diabetes

Pada tahun 2013, ada sebuah penelitian yang melibatkan kangkung. Pada penelitian tersebut, ditemukan bahwa kangkung mampu mencegah timbulnya diabetes pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan senyawa antioksidan yang terkandung dalam sayur kangkung. Senyawa tersebut berkhasiat menangkal oksidasi yang menyebabkan diabetes pada ibu hamil.

  • Mencegah peradangan

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2010 menguak fakta bahwa kangkung mempunyai khasiat untuk mencegah peradangan yang ditandai dengan pembengkakan serta rasa nyeri. Kangkung mampu melawan peradangan yang ditimbulkan oleh staphylococcusaureus serta bacillus subtilis yang menyebabkan keracunan, bintitan, sertaMRSA.

  • Menyehatkan mata

Kangkung merupakan sayuran hijau yang kaya akan vitamin A. Karena kandungan tersebut, kangkung sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A mampu melindungi lapisan mata dan kornea sehingga mencegahnya dari infeksi virus dan bakteri. Vitamin ini juga mampu mencegah mata kering karena meningkatkan produksi cairan mata.

Menakjubkan,bukan? Sayuran yang mungkin dianggap sepele oleh banyak orang ternyata mempunyai khasiat yang begitu banyak untuk kesehatan. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, pastikan Anda mengolahnya dengan cara yang benar. Cuci bersih sayuran dan jangan dimasak terlalu lama karena akan menghilangkan kandungan nutrisinya.

Bahaya Kangkung

Pada dasarnya, kangkung bukanlah jenis sayuran yang berbahaya untuk kesehatan. Hanya saja, cara pengolahan yang tidak tepat serta konsumsi secara berlebihan berpotensi merubah khasiat menjadi bencana. Alih-alih mendapatkan manfaatnya,Anda mungkin harus merasakan hal sebaliknya.

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Hal inilah yang harus Anda perhatikan ketika mengonsumsi kangkung. Meskipun mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan,namun sayuran ini juga menyimpan bahaya jika Anda tidak memperhatikan cara pengolahan atau porsi konsumsi. Dalam pembahasan manfaat dan bahaya kangkung ini, Anda bisa menemukan berbagai bahaya kangkung sebagai berikut:

  1. Bakteri atau hewan tertinggal

Banyak orang yang mengonsumsi kangkung tanpa melalui proses pengolahan atau menjadikannya sebagai lalapan. Padahal cara seperti ini tidak disarankan, apalagi jika kangkung tidak dicuci dengan benar. Memakan kangkung secara mentah, terutama kangkung air, mempunyai potensi yang sangat tinggi untuk terkontaminasi telur lintah atau hewan-hewan kecil lainnya.

Selain itu, bakteri yang terdapat dalam kangkung juga sangat mungkin untuk tertelan.Hal ini dikarenakan lingkungan penanaman kangkung air yang cenderung kotor.Jika tidak dibersihkan secara seksama, bukan tidak mungkin Anda justru berpotensi terserang penyakit.

  • Asam urat

Kangkung diketahui mempunyai kandungan purin yang cukup tinggi. Zat purin tersebut dapat memperburuk keadaan penderita asam urat. Oleh karena itu, Anda yang mempunyai riwayat asam urat perlu berhati-hati ketika mengonsumsi sayur yang satu ini.Meskipun Anda tidak mempunyai riwayat asam urat sebelumnya, konsumsi secara berlebihan justru bisa menimbulkan asam urat..

  • Mengantuk

Anda mungkin sudah kerap mendengar isu bahwa mengonsumsi kangkung bisa menyebabkan kantuk. Ternyata isu tersebut benar adanya. Hal ini dikarenakan kangkung mempunyai kandungan zat kalium dalam jumlah yang cukup tinggi. Zat kalium memberikan dampak pada saraf kepala sehingga membuat Anda merasa mengantuk.

  • Alergi

Mengonsumsi kangkung secara berlebihan ternyata berpotensi menimbulkan alergi. Kangkung mempunyai kandungan magnesium sehingga berpotensi memicu timbulnya alergi pada sebagian orang. Alergi tersebut ditandai dengan rasa gatal, pusing, hingga munculnya ruam merah pada kulit.

  • Tersedak

Berhati-hatilah ketika mengonsumsi kangkung. Memakan kangkung yang dimasak dengan kondisi daun utuh berpotensi menimbulkan tersedak. Hal ini disebabkan tekstur daun yang cenderung liat sehingga tidak mudah dihaluskan. Lebih baik jika Anda memotong daun agar tidak terlalu panjang sehingga mudah dimakan. Setelah mengetahui manfaat dan bahaya kangkung, Anda tentunya bisa lebih bijak dalam mengonsumsi kangkung. Pastikan untuk mencuci sayuran dengan benar-benar bersih dan mengolahnya terlebih dahulu sebelum mengonsumsi. Anda juga harus memperhatikan porsi untuk mencegah konsumsi kangkung secara berlebihan. Dengan cara tersebut, Anda bisa mendapatkan manfaat dan mencegah bahayanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *