Apa Manfaat Buah Semangka?

3 min read

Buah Semangka

Semangka merupakan jenis buah yang banyak di cari oleh masyarakat, selain karena rasa manisnya juga karena manfaatnya. Apa manfaat buah semangka sesungguhnya bagi kesehatan, ternyata semangka memiliki berbagai zat yang berguna untuk kesehatan baik kesehatan pria maupun wanita bahkan berguna untuk kecantikan.

Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka Untuk Pria

Semangka memiliki kandungan vitamin C, B6 dan kalium yang berguna sebagai nutrisi tambahan bagi kesehatan. Selain itu, beberapa penelitian membuktikan bahwa buah semangka mengandung asam amino citruline dan arginine yaitu senyawa dengan efek positif bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat buah semangka untuk pria.

  1. Menjaga kesehatan kelenjar prostat

Semangka diketahui mengandung banyak lycopene yang berperan sebagai antioksidan yang berfungsi sebagai kesehatan kulit, jantung dan kantung prostat. Fungsi semangka dalam hal ini sudah melewati sebuah penelitian yang dilakukan oleh salah satu Universitas di Chicago.

  1. Mencegah terjadinya disfungsi ereksi

Dalam kulit semangka terdapat zat yang disebut citruline dengan jumlah yang sangat tinggi. Zat ini berfungsi sebagai reagen untuk mengendurkan pembuluh darah pada organ reproduksi pria sehingga darah mengalir dengan lancar.

  1. Meningkatkan jumlah sperma pria

Semangka juga mengandung lycopene sedikitnya 15 – 20 miligram yang bermanfaat untuk melawan sel kanker dan mampu meningkatkan jumlah sel sperma pria jika di konsumsi secara rutin dengan jumlah yang normal. Semangka mampu meningkatkan jumlah sperma hingga 67% dan memperbaiki kualitas sperma hingga 63%.

Selain itu buah semangka dapat digunakan sebagai alat untuk mencegah terjadinya impoten pada pria. Semangka juga dapat digunakan untuk meningkatkan kadar hormon testosteron pada pria sehingga libido pria meningkat dan tingkat kesuburan tinggi.

Manfaat Buah Semangka bagi Ibu Hamil

Buah semangka yang hampir menjadi konsumsi setiap hari – hari dan di jual dalam bentuk apapun. Apalagi jika di nikmati ketika cuaca sedang panas di siang hari. Semangka ternyata juga memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan wanita, terutama wanita yang hamil. berikut manfaat buah semangka untuk wanita hamil.

  1. Mengurangi terjadinya morning sickness pada ibu hamil

Para ibu yang sedang hamil biasanya mengatasi masalah morning sickness dengan mengkonsumsi buah semangka. kadang di konsumsi secara langsung atau di buat menjadi jus terlebih dahulu. Terapi semangka ini sangat membantu mengatasi masalah morning sickness wanita hamil.

  1. Mencegah terjadinya komplikasi kehamilan

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi buah semangka secara rutin akan mencegah terjadinya komplikasi atau masalah kehamilan.biasanya ibu – ibu yang sedang hamil sering mengalami tekanan darah tinggi, kejang dan pembengkakan dalam hal ini semangka mampu mengurangi terjadinya hal – hal tersebut.

  1. Menjadi detoksifikasi

Kandungan zat dan vitamin dalam buah semangka mampu berperan sebagai diuretik yang dapat melancarkan proses pembuangan atau urinasi sehingga detoksifikasi dapat berjalan dengan baik. detoksifikasi sangat berguna bagi ibu hamil supaya bisa mengeluarkan zat racun  yang ada dalam tubuh.

Namun, ibu hamil boleh mengkonsumsi semangka dengan batas tertentu karena kalau berlebihan dapat berpengaruh pada kehamilan dan juga janin dalam kandungannya.  Apalagi jika kehamilan sudah memasuki usia tua yaitu 8 – 9 bulan.

  1. Berfungsi sebagai penambah sistem imun

Wanita yang sedang hamil biasanya sistem imunnya juga mengalami perubahan. Untuk tetap menjaga ketahanan tubuh, wanita hamil harus mengkonsumsi suplemen atau zat lain yang mampu menyeimbangkan sistem imun dalam tubuh. Kandungan lykopen dan antioksidan lainnya mampu membangun sistem imun ibu hamil menjadi lebih baik.

  1. Meningkatkan energi pada ibu hamil dan mencegah terjadinya dehidrasi

Ibu hamil biasanya selalu merasa lemah, letih dan sering mengalami dehidrasi. Jika ibu hamil mengkonsumsi semangka secara rutin dengan jumlah yang sesuai kebutuhan akan terhindar dari hal – hal seperti tadi. Kandungan air dalam semangka juga mampu mencegah terjadinya dehidrasi pada ibu hamil.

  1. Membantu pembentukan tulang pada janin

Vitamin A, C dan B6 pada buah semangka, selain untuk melengkapi kesehatan ibu hamil juga membantu pembentukan tulang pada janin dalam kandungan. Pembentukan yang di bantu adalah perkembangan penglihatan, otak dan saraf.

Manfaat Buah Semangka Kuning

Semangka kuning merupakan jenis semangka yang baru, karena warna daging buahnya kuning dan rasanya manis. Semangka jenis ini bentuknya cenderung lonjong dengan warna hijau pekat. Buah semangka jenis ini memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat buah semangka kuning bagi kesehatan dan juga bagi kecantikan wanita.

  1. Menjaga kesehatan wanita

Semangka kuning berbeda dengan jenis semangka merah, semangka jenis ini memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi buah semangka kuning secara rutin akan membantu menjaga kesehatan mata anda.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Buah semangka juga memiliki kandungan vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sistem kerjanya melancarkan pembuluh darah karena kandungan adam amino yang cukup sehingga jantung tetap bekerja dengan baik.

  1. Melancarkan proses diuretik

Banyak orang yang sudah membuktikan, bahwa mengkonsumsi buah semangka secara rutin dapat meningkatkan proses diuretik. Sistem kerjanya melancarkan fungsi kerja ginjal sehingga proses buang air kecil dapat terjadi secara lancar.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan mineral dan kalium dalam semangka kuning sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah bagi para penderita darah tinggi. Mineral dalam buah ini membantu mengatur tekanan darah, sehingga tekanan darah tetap normal.

  1. Mengatasi rasa lelah dan panas dalam

Rasa lelah yang terjadi akibat kerja yang terlalu keras dapat diatasi dengan mengkonsumsi semangka, kandungan gula dan air dalam buah semangka mampu membuat rasa lelah, letih dan dehidrasi hilang sehingga tubuh dapat kembali segar dan sehat.

  1. Mengobati rasa sakit pada perut

Banyak orang yang mengalami rasa sakit berlebih karena waktu makan yang tidak teratur atau karena pola makannya yang sembarangan. Penderita penyakit ini dapat rutin mengkonsumsi buah semangka, kandungan asam amino dalam buah semangka dapat menyembuhkan rasa sakit pada perut akibat kesalahan pola makan.

  1. Sebagai penangkal radikal bebas bagi tubuh

Senyawa lycopen dalam buah semangka sangat baik untuk menyangkal radikal bebas yang disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah karena polusi udara, para wanita yang ingin menjaga kecantikannya biasanya mereka rajin mengkonsumsi buah semangka untuk mencegah terjadinya penumpukan radikal bebas.

  1. Mencegah menopause lebih dini

Kandungan antioksidan dalam buah semangka mampu mencegah terjadinya menopause lebih dini pada wanita maupun pada pria. Selain itu kandungan vitamin A dan vitamin C pada mampu menjaga kesehatan kulit pada wanita. Para wanita di sarankan untuk rajin mengkonsumsi buah ini atau buah lain dengan kandungan yang serupa untuk menjaga kesehatan kulitnya.

Semua yang di jelaskan di atas, adalah manfaat buah semangka untuk kehidupan. Masih banyak manfaat buah tersebut yang lain untuk kesehatan yang belum di bahas dalam hal ini. Selamat mencoba terapi rutin buah semangka untuk kesehatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *