Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

3 min read

Manfaat buah melon sangat banyak sekali bagi kesehatan, karena kandungan nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam buah melon sangat banyak. Dan memenuhi kebutuhan tubuh jika di konsumsi sesuai dengan aturan konsumsi buah. Penjelasan detail mengenai manfaat buah ini akan di jelaskan dalam artikel berikut ini.

Manfaat Buah Melon Untuk Diet

Diet bukan lagi hal yang asing di masyarakat indonesia terutama wanita. banyak sekali wanita yang melakukan diet dengan berbagai cara untuk menghasilkan badan yang ideal. Banyak juga yang mengkonsumsi obat diet untuk diet, namun obat tersebut tentu memiliki efek negatif bagi ginjal. Diet cara alami yang bisa anda coba adalah dengan konsumsi buah melon.

[1] Mencegah tubuh semakin gemuk

Jika anda sedang melakukan program diet, mengkonsumsi makanan rendah kalori merupakan hal yang harus anda lakukan. Setiap pagi anda dapat mengkonsumsi 250 gram buah melon untuk menjaga agar berat badan anda tidak semakin bertambah.

[2] Sebagai sumber antioksidan bagi tubuh

Antioksidan selama ini kita tahu hanya sebagai pencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh sebagai memicu terbentuknya kanker. Ternyata antioksidan punya fungsi lain yaitu mencegah penambahan berat badan dan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

[3] Melancarkan kerja sistem pencernaan

Setiap manusia memiliki siklus pencernaan yang berbeda-beda, untuk mendapatkan berat badan yang ideal kerja sistem pencernaan anda juga harus sehat. Dalam hal ini buah melon membantu melancarkan sistem pencernaan karena  kandungan airnya yang tinggi yaitu 92%.

Buah melon bahkan bisa digunakan sebagai obat untuk meredakan penyakit maag, sakit perut dan melancarkan sistem pencernaan.  Selain karena kandungan airnya yang tinggi, kandungan serat dalam buah melon juga mampu meminimalkan penumpukan makanan dalam usus sehingga kandungan lemak, gula darah dan kolesterol dalam tubuh seimbang.

Melon juga biasa digunakan sebagai makanan pencegah lapar karena kandungan airnya sudah membuat lambung terisi penuh. Hal yang paling adalah buah ini sudah terbukti bebas lemak dan  kolesterol sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan program diet.

Manfaat Buah Melon Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi buah bagi ibu hamil merupakan hal yang sangat di sarankan oleh Dokter karena selain sehat dan bergizi untuk sang ibu juga berpengaruh baik untuk kesehatan janin di dalam kandungan. Salah satu buah yang aman dan bermanfaat banyak untuk ibu hamil adalah melon. Berikut ini manfaat buah melon bagi ibu hamil yang harus di ketahui masyarakat.

[1] Mengatasi masalah mual pada ibu hamil

Pada usia tiga bulan awal kehamilan, banyak ibu hamil yang mengalami gejala mual, pusing bahkan muntah setiap pagi hari atau ketika mencium aroma tertentu. Hal ini normal terjadi karena pengaruh perubahan hormon secara alami yang terus berkembang untuk pertumbuhan janin.

Dalam mengatasi masalah tersebut, para ibu hamil bisa menggunakan buah melon untuk mengurangi munculnya gejala tersebut. karena mengkonsumsi melon bisa memberikan efek yang menyegarkan serta nyaman ketika sampai di dalam perut.

[2] Mencegah dehidrasi pada ibu hamil

Semua orang pasti tahu jika melon memiliki kandungan air sangat tinggi hingga 92%, oleh karena itu sangat baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Berfungsi untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu jika mengkonsumsi buah melon, kebutuhan cairan tubuh terpenuhi serta tidak menimbulkan efek perut yang penuh pada ibu hamil.

[3] Menjaga tekanan darah dalam tubuh.

Kalium dalam buah melon cukup tinggi sehingga jika di konsumsi dengan dosis yang cukup, akan berperan dalam sistem pengaturan tekanan darah. Sehingga tekanan darah sang ibu tetap normal, tidak rendah dan tidak tinggi. Selain itu buah melon juga memiliki zat alami yang dapat mencegah terjadinya pembekuan darah.

[4] Sebagai faktor pembantu untuk pembentukan tulang.

Kalsium dalam melon cukup tinggi, jika di hitung dalam 100 gram buah melon mengandung 15 miligram kalsium. Sementara ketika hamil kebutuhan kalsium pada ibu harus terpenuhi dengan baik, sehingga proses pembentukan tulang pada tubuh janin terjadi dengan sempurna. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya kekurangan kalsium setelah melahirkan.

[5] Membantu mengurangi pendarahan ketika melahirkan

Fosfor bagi ibu hamil sangat penting. Ibu hamil serta janinnya membutuhkan zat ini ketika akan melahirkan. Otot-otot dari sang ibu mengalami kontraksi yang kuat ketika proses persalinan dan fosfor mampu menjadikannya normal ketika selesai melahirkan. Selain itu zat ini dapat berperan menjaga fungsi jantung, ginjal dan proses pembekuan darah.

Melon juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh, ibu hamil yang akan ataupun selesai melahirkan tentu membutuhkan sel darah merah sangat banyak. Sehingga kondisi janin dalam uterus tetap aman dan normal.

Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Wajah yang cantik dan sehat merupakan harapan semua wanita di Dunia tentunya, namun banyak yang tidak mendapatkan wajah sesuai harapan setelah melakukan berbagai macam perawatan kulit dan wajah. Sehingga banyak yang beralih menggunakan cara tradisional salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah, buah yang banyak menjadi pilihan adalah buah melon.

Kenapa buah melon?, karena manfaat buah melon sangat banyak bagi kesehatan maupun bagi kecantikan. Terlebih lagi buah ini harga jualnya tidak terlalu mahal dan mudah di jumpai di mana saja. Berikut ini penjelasan manfaat buah melon bagi kesehatan dan kecantikan.

[1] Melon dapat digunakan obat untuk mengurangi penyakit asma

Kandungan beta karoten dalam buah melon mampu mencegah dan mengurangi penyakit asma. Zat beta karoten sesungguhnya tidak hanya terdapat pada buah melon saja namun juga pada buah lainnya yang memiliki warna oranye. Namun kandungan beta karoten dalam melon jauh lebih tinggi dari pada di buah lainnya.

[2] Mampu mencegah terjadinya kanker

Berdasarkan penelitian yang sudah di lakukan, diet sehat dengan konsumsi makanan yang mengandung beta karoten seperti buah melon mampu mengurangi risiko terjadinya kanker prostat bagi pria. Selain itu juga dapat mencegah terjadinya kanker usus besar, hal ini sudah di buktikan dengan penelitian yang di lakukan pada penduduk Jepang.

[3] Sehat untuk perkembangan sel kulit dan rambut

Melon adalah buah yang kaya akan vitamin A, C dan B kompleks. Semua vitamin tersebut sangat di butuhkan oleh rambut dan kulit, selain itu juga di butuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan sel tubuh lainnya.

Vitamin C dalam buah melon juga di butuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen, sehingga tubuh tetap kenyal dan sehat. satu cangkir melon di ketahui mengandung 97% kebutuhan vitamin C setiap harinya.

[4] Mengurangi risiko degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia

Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, sehingga penglihatannya bertambah rabun seiring waktu. Antioksidan dalam buah melon dapat bermanfaat untuk menyaring sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kesehatan mata. Jika antioksidan dalam tubuh cukup maka kerusakan degenerasi makula dapat di cegah.

Manfaat buah melon tersebut mampu mencegah dan menjaga tubuh dari semua hal negatif yang terjadi dalam tubuh. Namun, wajib di ingat bahwa buah melon bermanfaat baik bagi tubuh jika di konsumsi dalam jumlah yang tepat sesuai keperluan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *