Hari Libur Nasional Tahun 2020

Sebagian dari Anda mungkin merasa bahwa waktu berjalan dengan sangat cepat sekali. Sepertinya baru kemarin kita merayakan Tahun Baru 2019 dan tiba-tiba kita sekarang sudah berada di penghujung tahun 2019. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Anda akan menemukan banyak hari libur nasional di tahun depan. Apa sajakah hari libur tersebut dan kapan tanggalnya? Berikut jawaban untuk pertanyaan tersebut.

Daftar Hari Libur Nasional Tahun 2020

Berikut ini daftar hari libur nasional tahun 2020 beserta tanggalnya. Daftar ini seperti yang telah ditetapkan berdasarkan hasil Rapat Tingkat Menteri. Dengan mengetahui hari-hari libur tersebut terlebih dahulu, Anda dapat mencari tahu kapan long weekend yang tepat untuk melakukan liburan anda.

1. Tahun Baru Masehi

Tahun Baru Masehi pada tahun 2020 jatuh pada Rabu, 1 Januari. Dahulu kala, perayaan Tahun Baru sebenarnya tidak jatuh pada tanggal tersebut. Baru setelah pada tahun 45 M, Julius Caesar dengan bantuan ahli astronomi menetapkan bahwa penanggalan Gregorian dimulai pada tanggal 1 Januari dan karenanya Tahun Baru dirayakan pada tanggal ini.

2. Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek nanti jatuh pada Sabtu, 25 Januari 2020. Hari libur ini biasanya dirayakan oleh warga keturunan Cina dengan meriah. Para orangtua menyiapkan angpao untuk anak-anak. Selain itu, banyak hidangan tradisional Cina yang disajikan, contohnya kue keranjang. Di berbagai daerah, festival tahun Baru Imlek diadakan dengan barongsai sebagai tontonan utamanya

3. Isra Mi’raj

Isra Mi’raj adalah malam dimana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha dan kemudian Sidratul Muntaha di Langit Ke-7. Perjalanan yang dilakukan dalam satu malam tersebut merupakan perjalanan yang sangat luar biasa dan di luar nalar. Peristiwa yang terjadi di tanggal 27 Rajab tersebut dijadikan hari libur nasional dan akan jatuh pada Minggu, 22 Maret 2020.

4. Hari Raya Nyepi

Hari Raya Nyepi merupakan hari besar Agama Hindu. Hari besar tersebut sebenarnya adalah peringatan Tahun Baru Saka. Pada tahun 2020 nanti, hari raya ini akan jatuh pada Rabu, 25 Maret. Pada hari itu, umat Hindu yang ada di Bali menjalani “Catur Brata” (tidak menyalakan atau menggunakan api, tidak bekerja, tidak bepergian, dan tidak bersenang-senang).

5. Wafat Isa Almasih

Wafat Isa Almasih adalah hari peringatan penyaliban Yesus, yang selalu diperingati pada hari Jumat Agung, Pada tahun 2020, hari peringatan tersebut jatuh pada Jumat, 10 April 2020.

6. Hari Buruh Internasional

Hari Buruh internasional atau May Day akan dirayakan pada tanggal 1 Mei. Pada perayaan yang nantinya akan jatuh pada hari Jumat ini, biasanya diwarnai dengan demo buruh besar-besaran.

7. Hari Raya Waisak

Hari Raya Waisak, yang besok akan jatuh pada Kamis, 7 Mei 2020, merupakan hari peringatan lahirnya Buddha. Pada hari besar ini, umat Buddha melakukan berbagai ritual keagamaan di wihara dan juga candi-candi Buddha, contohnya Candi Borobudur dan Candi Mendut.

8. Hari Kenaikan Isa Almasih

Hari Kenaikan Isa Almasih adalah hari peringatan naiknya Yesus ke Surga. Peringatan ini dilakukan pada Kamis Kudus atau jatuh pada tanggal 21 Mei 2020. Hari besar tersebut diperingati dengan kebaktian di gereja dan berburu telur paskah oleh anak-anak.

9. Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri bisa dikatakan sebagai hari raya umat Islam yang paling meriah di Indonesia. Hari yang kental dengan tradisi mudik dan silaturahmi ini sangat ditunggu-tunggu oleh semua umat Islam di negeri ini. Tahun depan, Idul Fitri akan jatuh pada tanggal 24 dan 25 Mei.

10. Hari Lahir Pancasila

Hari lahir Pancasila baru ditetapkan sebagai hari libur pada tahun 2017 lalu. Meski penetapan presiden tersebut menimbulkan pro dan kontra, namun sebagian besar masyarakat menyambutnya dengan baik karena mereka mendapat tambahan satu hari libur, yaitu pada tanggal 1 Juni.

11. Hari Raya Idul Adha

Hari Raya Idul Adha yang dalam kalender Hijriah jatuh pada tanggal 10 Zulhijah, nantinya akan dirayakan pada tanggal 31 Juli 2020. Hari raya yang memiliki arti mendalam ini dirayakan dengan menyembelih daging sapi dan kambing yang kemudian dagingnya dibagi-bagikan kepada semua orang.

12. Hari Kemerdekaan Indonesia

Hari kemerdekaan Indonesia merupakan sebuah peringatan penting bagi seluruh rakyat Indonesia. Peringatan yang tahun depan akan jatuh pada Senin, 17 Agustus ini selalu dirayakan secara meriah dengan berbagai perlombaan menarik.

13. Tahun Baru Islam

Di tahun 2020, Tahun Baru Islam, yang pada penanggalan Hijriah jatuh pada tanggal 1 Muharam, akan diperingati pada tanggal 20 Agustus. Selain diperingati dengan pengajian, Tahun Baru Islam yang juga jatuh pada tanggal 1 Suro ini juga memiliki arti tersendiri bagi masyarakat Jawa. Berbagai ritual, seperti labuhan dan pencucian pusaka, dilakukan pada hari tersebut.

14. Hari Maulid Nabi SAW

Hari Maulid Nabi SAW merupakan hari peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW, yang diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal pada penanggalan Hijriah. Di tahun 2020, hari peringatan ini jatuh pada tanggal 29 Oktober. Di Yogyakarta dan Solo, hari besar ini diperingati dengan Sekaten dan Grebeg Maulud.

15. Hari Natal

Hari Natal merupakan hari raya umat Kristen yang paling penting karena merupakan hari peringatan lahirnya Yesus. Dalam peringatan ini, umat Kristen biasanya melakukan kebaktian, mengadakan jamuan serta saling mengunjungi sanak saudara, dan bertukar hadiah. Hari besar yang selalu diperingati pada tanggal 25 Desember ini, akan jatuh pada hari Jumat di tahun 2020.

16. Cuti bersama Lebaran

Untuk memberi kesempatan bagi umat Islam untuk bersilaturahmi dan merayakan Idul Fitri, pemerintah memberlakukan cuti bersama. Cuti bersama Lebaran pada tahun depan akan berlangsung pada tanggal 22, 26, serta 27 Mei.

17. Cuti bersama Natal

Cuti bersama juga akan diberikan menjelang Hari Raya Natal. Pemerintah memberi kesempatan bagi umat Kristen untuk merayakan Hari Natal dengan lebih leluasa, dengan cara memberlakukan cuti bersama pada hari Rabu, 24 Desember.

Kini, setelah Anda tahu daftar hari libur nasional, Anda dapat mulai merencanakan liburan anda. Liburan yang terencana dengan baik pasti akan memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan. Selain itu, tiket akomodasi yang Anda pesan sejak awal biasanya juga dijual dengan harga yang lebih terjangkau sehingga Anda dapat lebih berhemat.

Tahun Baru Masehi

Gladie Anggriawan
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *