Bagaimana Cara Menanam Buah Semangka? Berikut Jawabannya!

4 min read

Buah Semangka

Cara menanam buah semangka terdiri dari berbagai macam, tergantung jenis semangka apa yang akan di tanam dan teknik apa yang ingin di gunakan. Semangka memiliki banyak cara tanam karena dapat tumbuh di semua jenis tanah. Terutama jenis tanah dengan warna merah dan gembur. Bagaimana teknik dan cara membudidayakan semangka dapat di pelajari di bawah ini.

Buah Semangka

Cara Menanam Semangka Dalam Polybag

Cara menanam buah semangka yang pertama kali adalah menggunakan media polybag. Buah yang masih satu suku dengan bangsa labu tersebut termasuk golongan buah yang mudah di budidayakan. Salah satu media yang biasa digunakan oleh petani buah adalah polybag. Berikut cara yang harus dilakukan ketikan menanam semangka dalam polybag.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum anda berkebun, terlebih dahulu pastikan bahwa alat dan bahannya sudah siap. Yang harus di siapkan adalah bibit semangka, tanah sebagai media tanamnya lebih baik menggunakan tanah humus, pupuk kompos atau pupuk kandang, gunting, sekop, polybag, tongkat penyangga dan air.

Ketika hendak berkebun pastikan benih yang anda gunakan adalah benih dengan kualitas terbaik. Untuk mendapatkan benih yang berkualitas anda bisa menggunakan beberapa cara, cara yang pertaman yaitu pilih benih dari buah semangka yang benar- benar tua dan rasanya manis.

Anda juga perlu memperhatikan indukannya, pilihlah semangka tua yang berukuran besar, rasanya manis, daging buahnya banyak dan menghasilkan banyak buah dari satu pohon ketika di panen. Dan yang paling penting adalah buah yang kondisi tumbuhnya sehat.

Setelah itu biji yang sudah dipilih dikumpulkan dan di angin – anginkan, gunakanlah ember untuk menjemur biji semangka anda.

2. Cara menanam benih dalam polybag.

Pertama pilihlah polybag yang akan anda gunakan, pilih polybag yang berukuran besar sehingga cukup untuk menopang tumbuhnya buah semangka. terlebih dahulu beri lubang pada bagian bawah dari polybag. Isi polybag dengan tanah humus yang gembur campur dengan pupuk kandang hingga penuh, campur terlebih dahulu media yang akan di gunakan tadi hingga merata.

Selanjutnya semai benih anda ke dalam polybag, penyemaian dapat anda lakukan langsung atau anda semai terlebih dahulu pada media lain. namun untuk efisiensi media tanam, waktu dan juga meminimalisir terjadinya kerusakan sebaiknya di lakukan langsung di polybag.

Cara semainya, buatlah lubang pada polybag yang sudah berisi media tanam kemudian masukkan benih biji semangka ke dalam lubang tersebut dengan aturan setiap lubang berisi satu benih. Jangan lupa untuk menutup lubang menggunakan pupuk kompos. Setelah selesai letakkan polybag yang berisi benih ke tempat yang cukup cahaya mataharinya.

2. Perawatan Lanjutan.

Selain di tempatkan pada area yang cukup sinar mataharinya, juga perlu di perhatikan tingkat kelembapannya. Karena semangka tidak menyukai daerah yang terlalu lembab, ketika baru menanam benih tidak perlu di siram terlebih dahulu.

Setelah bibit semangka tersebut tumbuh tunas dan mencapai kurang lebih 10 senti meter, usianya sekitar 2 – 3 minggu di hitung mulai hari pertama menanam benih. Pada usia tersebu, bibit semangka semakin kuat akarnya sehingga polybag harus di letakkan di tempat yang lebih luas.

Selain area yang lebih luas juga cahaya matahari secara langsung dengan jumlah yang cukup. Usahakan jarak antara polybag satu dengan yang lainnya berdekatan ketika semangka mulai tumbuh besar, letakkan tongkat penyangga pada masing – masing polybag.

Menanam Semangka di Halaman Rumah

Cara menanam semangka selain menggunakan polybag ternyata juga bisa di tanam di halaman rumah. Karena menanam semangka memang tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas. Semangka asalkan di pelihara secara intensif pasti akan berbuah dengan baik. berikut teknik yang harus di lakukan jika ingin berkebun semangka di halaman rumah.

  1. Waktu semai benih

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menyemai benih semangka menggunakan media tanah yang di letakkan dalam polybag atau plastik lain. media yang di gunakan biasanya merupakan campuran dari tanah dan pupuk kompos, dengan perbandingan 1 : 1.

Setiap satu media tanam, di isi dengan satu benih semangka. untuk mencegah serangan hama tanaman berikan satu sendok kecil bubuk anti hama pada media tanam dan letakkan pada daerah yang memiliki cahaya matahari cukup.

  1. Pemindahan benih

Setelah benih usia 10 hari dari awal semai, pindahkan benih ke tanah langsung di halaman rumah yang terkena sinar matahari secara langsung. Ketika semangka mulai tumbuh berilah penopang pada tumbuhan tersebut setiap satu pohon satu penopang.

  1. Perawatan lanjutan

Setelah semangka di halaman rumah tumbuh dengan baik, lakukan perawatan selanjutnya yaitu pemberian fungisida dan insektisida secukupnya untuk mencegah serangan hama tanaman. Jika anda menanam semangka di halaman rumah ketika musim hujan, usahakan agar semangka anda tidak  air. Karena semangka bisa mati jika  air terlalu lama.

Cara Menanam Buah Semangka Non Biji

Semangka memiliki banyak jenis salah satunya jenisnya adalah semangka yang tidak memiliki biji. Semangka jenis ini sebenarnya hampir sama dengan semangka jenis yang lain. namun, semangka jenis ini telah di kawin silangkan dengan jenis lain sehingga di peroleh semangka yang tanpa biji ketika di panen. Berikut cara menanam buah semangka tanpa biji.

  1. Persiapan menanam semangka tanpa biji

Siapkan lahan dengan tanah sudah di gemburkan, menanam semangka jenis ini sebaiknya bentuklah parit sebagai tempat aliran air. Lebar tempat tanam antara 70 – 80 senti meter. Modal tempat menanam dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara ganda dan secara tunggal. Jika di buat ganda akan memudahkan pemeliharaan.

Pemberian pupuk dan jenis pupuk sangat di butuhkan, jenis pupuk yang biasa di gunakan adalah pupuk dolomit dengan cara pemberian di taburkan. Kemudian biarkan selama 7 – 10 hari, namun tetap harus di dampingi dengan pemberian pupuk kandang agar nutrisi tanah terpenuhi secara sempurna.

  1. Semai benih

Jika ingin menyemai benih sebaiknya rendam terlebih dahulu dan pecah benih terlebih dahulu supaya cepat tumbuh dengan baik. Rendam selama kurang lebih 8 – 10 jam, setelah itu tiriskan di atas ember dan bungkus dengan kain atau dengan kertas koran. Setelah 3-4 hari kecambah akan tumbuh dengan baik.

Setelah benih tumbuh dengan sempurna, pindahkan ke parit yang telah disiapkan degan jarak tertentu.

  1. Pemeliharaan

Lakukan penyiraman pada tanaman semangka anda dan jangan terlalu sering sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan air. Lakukan juga perawatan kebun dari tanaman liar yang mengganggu semangka anda. Sehingga nutrisi untuk buah tidak terbagi dengan yang lain.

Semangka tanpa biji ini harus di silangkan dengan semangka berbeda jenis, perkawinan harus dilakukan dengan cara manual. Menyilangkan semangka jenis ini sebaiknya dilakukan pada siang hari dan sore hari. Baik dilakukan ketika tanaman usia 35 hari.

Cara Menanam Buah Semangka Kuning

Cara menanam buah semangka kuning, sesungguhnya sangat mudah dan hampir sama dengan menanam semangka jenis lain. Banyak kalangan yang mengingatkan produksi semangka yang dilakukan dengan metode budidaya yang terbaru. Berikut cara mengelola dan menanam semangka kuning :

  1. Persiapan bibit dan pembuatan media semai

Pilihlah benih yang sangat bagus, anda bisa mendapatkan benih yang baik dengan cara membeli benih di toko pertanian. Setelah itu rendam benih dengan air hangat, kemudian tiriskan dan bungkus menggunakan kertas koran atau kain. Tunggu 2 – 3 hari sampai tumbuh tunas baru, setelah itu pindahkan bibit ke media tanam yang lebih besar.

Media tanam berupa tanah gembur yang telah di campur dengan pupuk kandang dan pasir secara merata.  Setelah itu semai bibit pada media tanam yang telah di siapkan dan letakkan di bawah sinar matahari.

  1. Penanaman dan perawatan

Setelah benih di tanam pada media tanam, dan sudah tumbuh dengan baik. pindahkan bibit pada lahan terbuka, pemindahan bibit sebaiknya di lakukan pada pagi hari dan sore hari. Jangan lupa untuk menyiram tanaman setidaknya 2 hari sekali agar pertumbuhan semangka anda sempurna.

Ketika semangka tumbuh semakin besar beri tiang penyangga agar semangka tidak tumbuh dan berbuah di atas tanah. Lakukan juga pemupukan secara rutin sesuai kebutuhan dan pemeriksaan hama tanaman. Selain itu anda juga harus melakukan perawatan semangka dari tanaman liar yang mengganggu.

Bagaimana cara menanam buah semangka dengan baik, sudah di jelaskan secara singkat dan jelas. Selebihnya hanya perlu melakukan perawatan dengan rutin dan pengecekan secara rutin terhadap serangan hama dan yang lainnya. Selamat mencoba semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *