Cara Menanam Buah Melon [TERBUKTI!!!]

3 min read

Cara menanam buah melon terdiri dari berbagai macam cara mulai dari tanam langsung di tanah, di tanam dalam media polybag maupun di tanam dengan cara hidroponik. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini penjelasan mengenai cara budidaya buah melon yang baik dan benar.

Budidaya Buah Melon Dalam Polybag

Cara menanam buah melon dalam polybag memiliki kelebihan lebih praktis dan perawatan yang dilakukan juga lebih mudah. Berikut ini beberapa langkah-langkah yang harus di lakukan jika menanam melon dengan media tanam dalam polybag.

1) Siapkan alat dan bahan untuk berkebun

Persiapan alat yang harus dilakukan adalah persiapan polybag dengan ukuran besar, siapkan tiang penyangga setinggi 1,5 – 2 meter, tanah yang sudah di campur dengan pupuk kompos. Serta siapkan juga tali temali, alat menyiram tanaman, sekop dan peralatan berkebun lainnya.

2) Memilih benih yang berkualitas

Setelah peralatan berkebun semua siap, anda juga harus melakukan persiapan bibit yang berkualitas baik. untuk mendapatkan benih tanaman melon sangat mudah, bisa mengambil dari melon tua dan matang yang anda beli atau membeli benih melon yang tinggal tanam di toko benih pertanian.

Setelah bibit ada di tangan anda dan sudah sesuai kualitasnya, rendamlah benih tersebut dengan air yang sudah di campur dengan fungisida. Perendaman di lakukan kurang lebih 12 jam kemudian tiriskan dengan nampan dan simpan di tempat gelap kurang lebih 1-2 hari sampai muncul kecambah.

Setelah kecambah muncul pindahkan lah benih berkecambah ke dalam media semai yang telah di siapkan yaitu polybag yang berisi tanah dan sudah di campur dengan pupuk kandang. Benih anda harus selalu di tanah yang basah oleh karena itu siram benih setidaknya 2 hari 1 kali. Jangan letakkan benih di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

3) Proses penanaman

Setelah benih di tanam dan tumbuh menjadi bibit dengan usia 2-3 minggu, kira-kira ukuran tunas sepanjang 10 sentimeter. Bibit terlebih dahulu disiram menggunakan air kemudian pindahkan secara hati-hati ke polybag yang lebih besar yang telas anda siapkan. Sebaiknya pemindahan di lakukan ketika pagi hari atau sore hari.

Setelah selesai proses pemindahan jangan lupa untuk memasang tiang penyangga sepanjang 2 meter yang tadi sudah di siapkan. Supaya ketika tanaman melon anda tumbuh akan menjalar pada tiang penyangga yang anda sediakan.

4) Perawatan

Perawatan yang bisa anda lakukan adalah pemberian pupuk, pembersihan tanaman dari hama dan rumput liar serta melakukan penyiraman secara rutin. Perawatan ini di mulai ketika tanaman tumbuh hingga panen.

Panen melon di lakukan ketika melon sudah berusia 3 bulan sejak hari pertama tanam benih, gunakan alat berkebun yang baik ketika panen melon untuk mencegah kerusakan pada buah melon .

Menanam Buah Melon di Halaman Rumah

Cara menanam buah melon selanjutnya adalah di perkarangan atau halaman rumah, bisa langsung menggunakan tanah pekarangan atau menggunakan polybag. Berikut cara yang biasa di lakukan oleh para petani buah.

1) Mempersiapkan peralatan, lahan dan bahan

Kebanyakan petani buah jika menanam melon di pekarangan rumah menggunakan media tanah pekarangan langsung tanpa polybag. Siapkan terlebih peralatan berkebun dan kemudian siapkan lahan untuk menanam melon, bentuklah parit parit dengan lubang di setiap parit berjarak sekitar 1 meter.

Siapkan juga benih berkualitas yang anda inginkan, anda bisa mendapatkannya di toko pertanian untuk lebih amannya. Rendam benih selama 12 jam kemudian tiriskan dan letakkan di tempat yang lembab supaya bertunas. Biasanya muncul tunas setelah 1-2 hari.

2) Penyemaian bibit

Setelah benih tubuh menjadi bibit dilakukan penyemaian pada media semai sementara bisa menggunakan polybag atau menggunakan pot. Bibit berada di media semai selama 2-3 minggu. Kemudian pindahkan bibit yang sudah mulai tumbuh ke lahan yang sudah di siapkan. Bisa di pindah bibitnya saja atau langsung beserta polybagnya.

Pemasangan tiang penyangga sangat penting supaya ketika tumbuh melon menjalar ke tiang penyangga dan buahnya aman menggantung di atas tiang. Buatlah tiang yang kuat menyangga melon ketika berbuah dengan tinggi sekitar 2 meter.

3) Perawatan dan panen

Setelah tanaman melon anda tumbuh dengan baik, anda tentu harus melakukan perawatan dengan baik. perawatan meliputi pemupukan, penyiraman, pengambilan rumput liar dan tanaman yang mengganggu lain serta menjaga melon dari hama buah.

Setelah menunggu selama 3 bulan dengan perawatan yang bagus anda dapat melakukan panen melon yang melimpah dan sehat – sehat. sebaiknya lakukan panen sebelum melon benar – benar matang untuk meminimalkan kerusakan pada buah selama distribusi.

Budidaya Buah Melon Hidroponik

Karena melon merupakan tanaman yang menjalar dan bukan memanjat jadi meskipun di tanam secara hidroponik harus tetap di sediakan tiang penyangga dan lahan serta media tanamnya. Berikut ini langkah-langkah yang harus di lakukan ketika menanam melon secara hidroponik.

  1. Setelah benih dan peralatan tanam siap semua, lakukan penyemaian benih. Benih dapat di semai pada tisu basah, sekam bakar atau menggunakan rockwool. Namun, sebelumnya benih harus sudah direndam dengan air hangat dan pilih benih yang tenggelam karena menunjukkan bahwa benih tersebut berkualitas bagus.
  2. Kemudian setelah benih mulai pecah di dalam media semai segera kenalkan dengan cahaya matahari namun jangan sinar matahari secara langsung. Minimal benih terkena sinar matahari sebanyak 3 – 5 jam saja. Setelah tumbuh menjadi bibit yang cukup besar pindahkan ke media tanam yang lebih besar, menggunakan pot besar yang tertata rapi.
  3. Jangan lupa untuk memberikan tiang penyangga pada masing – masing pot. Lakukan perawatan sebagaimana mestinya jika memiliki tanaman. Di siram secara rutin di beri pupuk dan di awasi dari hama tanaman serta rumput liar.
  4. Setelah usia melon anda sudah 3 bulan anda tiba waktu memanen buah melon anda, lakukan panen sebelum melon benar – benar matang. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya kerusakan pada buah melon saat distribusi dan saat tiba di tangan konsumen.

Cara Pemupukan Melon

Pemupukan pada melon merupakan perawatan wajib yang harus anda lakukan jika anda menanam buah melon. Pupuk yang biasa digunakan antara lain sebagai berikut.

1) Pupuk kalium melon

Pupuk ini di berikan untuk memenuhi kebutuhan unsur K di bagi tanaman supaya buah melon yang di hasilkan berkualitas tinggi, membantu tanaman melon anda cepat berbunga dan membentuk buah.

2) Pupuk fosfor

pupuk jenis ini berfungsi untuk mendukung pembentukan bunga dan pembentukan buah pada melon anda. Pemberian pupuk ini membuat bunga tanaman melon anda tidak mudah rontok. Sehingga berhasil menjadi buah yang banyak.

3) Pupuk nitrogen

Pupuk ini berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan tanaman dan menjaga kesuburan tanaman. Melindungi tanaman dari serangan hama juga termasuk fungsi pupuk tanaman ini.

Cara menanam buah melon memang terdiri dari berbagai macam, namun semua tetap tergantung kepada lahan dan kualitas benih serta cara perawatan untuk mendapatkan hasil panen yang bagus dan melimpah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *