Cara Menanam Bayam [12 Langkah Simple]

3 min read

Bayam adalah jenis tumbuhan yang dapat tumbuh dengan mudah di semua jenis tanaman. Apalagi tanah Indonesia yang subur. Selain itu cara menanam bayam juga banyak sekali, dengan berbagai metode anda dapat menanam bayam. Untuk penjelasan detailnya dapat anda baca di bawah ini.

Cara Menanam Bayam Dalam Polybag

Cara menanam bayam dalam polybag adalah salah satu jenis dan metode penanaman bayam yang sering digunakanย  oleh para petani sayur di Indonesia maupun di luar negeri. Hal ini karena menanam sayur dengan metode ini lebih praktis dan bisa di lakukan di lahan yang tidak terlalu luas. Selain itu teknik menanam dengan cara ini juga sangat mudah.

1) Siapkan benih tanaman yang berkualitas

Ketika anda akan berkebun atau menanam bayam sebaiknya anda siapkan terlebih dahulu benih yang berkualitas. cara untuk mendapatkan benih yang berkualitas sangat mudah apalagi benih bayam. Anda bisa mendapat yang berkualitas dengan membelinya di toko bibit pertanian. Membeli benih atau bibit bayam secara langsung.

Setelah anda membeli benih bayam, rendamlah benih tersebut dengan tujuan menentukan benih yang berkualitas. Jika benih yang anda rendam mengapung maka benih tersebut kualitasnya jelek, begitu pula sebaliknya jika benihnya tenggelam berarti kualitasnya bagus dan akan tumbuh dengan baik ketika di tanam.

2) Siapkan alat dan bahan

Sebelum mulai berkebun semua peralatan berkebun seperti sekop, tanah yang sudah di campur dengan kompos, media semai rockwool, polybag dan lahan. Jika semua sudah siap anda bisa memulai proses penanaman bayam pada media polybag.

3) Lakukan semai benih pada media semai.

Setelah semua siap lakukan penyemaian benih. Benih bisa di semai pada media semai atau rockwool atau langsung di dalam polybagnya. Lakukan penyemaian pada media yang anda inginkan. Dengan satu media semai satu benih bayam jika menggunakan media rockwool.

Jika menggunakan polybag anda bisa menanam 5 โ€“ 10 benih pada satu media semai polybag ukuran sedang. Lakukan penyiraman secara rutin setidaknya 2 kali dalam 1 hari. Penyiraman di lakukan tergantung pada kebutuhan bayam terhadap air. Jika cuaca sudah mendung dan musim hujan jangan terlalu sering di siram.

4) Pemindahan bibit bayam ke media tanam yang lebih besar.

Setelah benih tumbuh dan berusia lebih dari dua minggu anda bisa memindahkannya pada media tanam utama yaitu polybag besar atau sedang dengan 2 โ€“ 3 bibit pada masing โ€“ masing polybag. Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari jika cuaca panas. Jika musim hujan kurangi frekuensi penyiraman supaya bayam tidak mati.

5) Perawatan tanaman bayam

Jika tanaman bayam anda sudah mulai tumbuh dengan baik jangan lupa untuk melakukan perawatan. Perawatan yang biasa di lakukan adalah memberikan pupuk dan pengobatan untuk menjaga pertumbuhan dan kesuburan tanaman. Pupuk yang digunakan biasanya jenis pupuk kandang untuk menambah unsur hara tanah.

Selain itu juga perlu dilakukan perawatan terhadap tumbuhnya tanaman liar seperti rumput liar atau tanaman lain yang mengganggu tanaman utama. Sehingga nutrisi dari tanah dan pupuk serta obat tanaman lainnya tidak terbagi dengan tanaman liar tersebut dan pertumbuhan bayam anda bisa lebih maksimal.

6) Panen

Sayuran Bayam bisa di panen ketika usia tanaman sudah mencapai kurang lebih 4 minggu, cara panen bisa berbagai macam tergantung jenis bayam yang di budidayakan. Anda bisa panen dengan mencabut serta akar tunggangnya atau dengan memetik bagian daun mudanya saja. Semua hal tersebut tidak memengaruhi kualitas rasa bayam ketika di olah.

Hati โ€“ hati ketika panen dan melakukan distribusi dari kebun ke pedagang, pasar atau ke konsumen supaya ketika di olah bayam masih dalam kondisi segar dan tidak terkontaminasi degan bakteri atau hal lainnya yang nanti dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan.

Cara Menanam Bayam Hidroponik

Cara menanam bayam yang kedua adalah cara hidroponik, salah satu jenis penanaman yang mudah dan bisa digunakan untuk memanfaatkan lahan yang sempit. Cara ini biasanya menghasilkan bayam dengan kualitas terbaik karena menggunakan sistem aliran nutrisi secara terus menerus sehingga bayam tumbuh subur.

  1. Langkah awal untuk melakukan penanaman bayam secara hidroponik adalah menyiapkan peralatan berkebun secara hidroponik dan benih yang akan anda tanam dan juga media yang akan anda gunakan.
  2. Setelah semua siap ana bisa melanjutkan dengan menyemai benih, benih bisa anda semai pada media rockwool namun nanti di perlukan proses pemindahan benih atau bisa langsung anda semai pada media hidroponik. Sehingga tidak perlu melakukan pemindahan bibit.
  3. Letakkan benih yang akan anda semai pada media tanam dan letakkan pada tempat yang teduh serta lembab agar proses perkecambahan dan proses tumbuhnya cepat. Secara umum benih akan tumbuh daun ketika usia 3 hari. Setelah tumbuh daun, pindahkan media tanam ke tempat yang terkena sinar matahari.
  4. Lakukan perawatan rutin pada tanaman bayam anda seperti menyiramnya dengan rutin, cek kondisi tanah dan suhu sehingga kebutuhan nutrisinya terjaga dengan baik. berikan perawatan pupuk kandang dan pupuk non organik untuk menjaga agar tanaman bayam anda sehat dan bebas hama tanaman.
  5. Jika anda menggunakan sistem semai pada media tanam hidroponik, pindahkan bibit bayam anda pada usia tanam kurang lebih 5 hari setelah tumbuh, atau setelah muncul daun kira โ€“ kira dua sampai tiga lembar daun. Media yang biasa digunakan adalah gelas plastik bekas dengan tambahan net pot yang diberi lubang, berikan tambahan sterofom untuk dudukan.
  6. Lakukan panen setelah bayam memasuki usia panen. Panenlah dengan hati โ€“ hati untuk menjaga kualitas bayam dari kebun anda tetap baik hingga ke tangan konsumen.

Cara Menanam Bayam di Lahan Yang Sempit

Cara menanam bayam di lahan sempit dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah cara hidroponik atau menggunakan polybag. Penanaman dapat dilakukan dengan cara berkebun pada umumnya, asalkan diberi perawatan dengan baik dan sesuai kebutuhan nutrisi tanaman.

Langkah awalnya sama dengan cara budidaya bayam yang lain, yaitu memilih jenis benih yang berkualitas. setelah di dapatkan benih yang berkualitas anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu menyemai pada media tanam bisa menggunakan media rockwool atau menggunakan tanah langsung.

Jika menggunakan metode semai pada media lain, lakukan pemindahan ke media tanam hidroponik atau media pot dan polybag.pemindahan di lakukan jika usia tanaman kurang lebih 5 hari atau setelah bayam tumbuh 4 โ€“ 5 helai daun. Pindahkan juga pada area yang terkena sinar matahari langsung.

Setelah tanaman bayam anda tumbuh dengan baik, jangan lupa untuk memberikan perawatan secara rutin. Perawatan yang dilakukan adalah pemupukan, pemberian obat anti hama tanaman atau mencegah tumbuhnya tanaman liar pada media tanam anda. Jangan lupa untuk melakukan penyiraman secara rutin setidaknya 2 kali sehari.

Panen bayam di lakukan ketika usia bayam kurang lebih 3 โ€“ 4 minggu, sebelum bayam berbunga dan daunnya menjadi tua. Lakukan panen dengan baik dan distribusikan dengan hati โ€“ hati sehingga bayam anda sampai di tangan konsumen dengan kondisi baik.

Cara menanam bayam dapat anda lakukan sesuai dengan keinginan anda dan seberapa lebar lahan yang anda punya. Selamat mencoba membudidayakan bayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

๏ปฟ