Mengenal Lebih Dalam Mengenai Buah Semangka

4 min read

Gambar Semangka

Semangka merupakan buah yang banyak disukai oleh masyarakat, buah ini sangat mudah di temukan. Buah ini juga dapat tumbuh dengan mudah di seluruh wilayah Indonesia. Banyak petani buah yang membudidayakan jenis buah ini, sebenarnya apa manfaat buah semangka tersebut. berikut penjelasan lengkapnya.

Gambar Semangka

Apa Itu Buah Semangka

Buah semangka adalah jenis buah yang masih satu rumpun dengan golongan mentimun. Daging buah ini memiliki dua jenis warna yaitu kuning dan merah. Kandungan air jenis buah ini lebih tinggi dari pada buah – buah lain yaitu 90% dari total nutrisi buah.

Semangka juga mengandung kalori, karbohidrat, protein, serat, mineral dan berbagai vitamin lain. yang baik dari buah ini adalah kandungan lemak atau kolesterolnya 0%. Sebagaimana buah golongan suku mentimun lainnya, tanaman ini merambat namun tidak membentuk akar pada tempat menjalarnya. Semangka mampu merambat hingga belasan meter.

Daun semangka memiliki bentuk berlekuk-lekuk pada bagian tepinya, bunganya sempurna, dengan warna kuning dan ukurannya kecil. Semangka merupakan golongan tumbuhan yang memiliki benang sari dan putik dalam satu tumbuhan.

Semangka memiliki ciri khas kulit buah yang keras, warnanya hijau muda jika belum matang dan hijau pekat jika sudah matang. Jenis tanaman ini mampu bertahan hidup meskipun di tempat yang cuacanya panas, terutama jika sudah memasuki masa berbuah biasanya daya hidupnya lebih tinggi. Penjelasan secara lengkap mengenai Apa itu buah semangka akan dibahas pada artikel yang lain.

Cara Menanam Buah Semangka

Semangka merupakan tanaman rambat yang dapat di tanam dengan cara yang mudah, anda bisa menanam menggunakan biji yang anda kumpulkan dari buah yang telah anda beli. Berikut ini cara menanam buah semangka yang dapat anda gunakan sebagai panduan berkebun semangka di rumah.

1. Pilih lahan yang cocok

Meskipun tanaman semangka dapat di tanam di semua jenis tanah, namun memilih jenis tanah yang subur membuat peluang sukses panen anda lebih tinggi. Jenis tanah yang paling cocok untuk menanam semangka adalah tanah gembur dengan unsur hara tanah yang tinggi. Semangka memerlukan daerah yang tingkat kelembapannya rendah.

Jika menanam semangka lebih baik tanam pada daerah yang terkena cahaya matahari langsung, karena nanti akan sangat berguna bagi pertumbuhan semangka ketika sudah mulai berbuah. Untuk kadar asam tanah, semangka akan tumbuh dengan baik pada tanah dengan tingkat keasaman yang normal yaitu antara 6 – 6,5.

2. Siapkan benih yang akan di tanam

Persiapan benih ini merupakan tahap yang sangat penting, karena kualitas benih menentukan keberhasilan berkebun anda. Bibit yang bisa anda gunakan ada dua jenis yaitu jenis semangka tripoid dan haploid. Jika anda memilih menggunakan jenis tripoid pilihlah biji dengan ciri – ciri cangkang biji yang keras.

Benih jenis haploid paling sering digunakan dan mudah dibudidayaka, karena cangkang bijinya tidak sekeras biji jenis tripoid.  Untuk benih anda bisa membeli di setiap toko benih pertanian, atau meminta dari petani semangka di daerah anda tinggal.

Setelah anda mendapatkan benih yang bagus, anda harus merendamnya terlebih dahulu sebelum di tanam. Sebelum di rendam jika benih anda tripoid maka renggangkan dahulu kulit cangkangnya, namun jika benih haploid tidak perlu. Kemudian rendam menggunakan air hangat yang di campur hormon tumbuh, bakterisida dan fungisida.

Perendaman benih membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit, kemudian angkat benihnya dan tiriskan sampai kering. Sampai tahap ini bibit semangka sudah siap untuk di tanam pada kebun anda.

3. Cara menanam semangka

Setelah benih siap ditanam dan media untuk menanam sudah siap maka anda bisa langsung melakukan proses penanaman.  Pertama semai benihnya pada lahan yang sudah disiapkan, jika ingin hasil yang lebih baik tambahkan pupuk kandang atau pupuk organik untuk menambah kandungan unsur hara tanah.

Jika anda ingin lebih aman lagi, anda bisa menyemai bibit pada polybag terlebih dahulu. Setelah bibit tumbuh dengan baik dan cukup usia untuk di pindah, lakukan pemindahan dengan hati – hati agar tidak merusak akar dari bibit semangka. Usia yang baik untuk memindah ke lahan adalah kurang lebih 4 minggu.

4. Tahap pemeliharaan tanaman

Setelah anda menanam benih semangka di kebun dan tumbuh dengan baik, tentu anda wajib memelihara dengan baik tanaman semangka anda. Pemeliharaan yang wajib anda lakukan adalah menyiram tanaman anda pagi dan sore, terutama jika cuaca panas dan bibit anda belum cukup kuat untuk tumbuh.

Yang kedua adalah memeriksa adanya tanaman liar yang mungkin tumbuh di sekitar pohon semangka anda. Usahakan untuk tidak ada tanaman liar di kebun semangka, sehingga nutrisi dari tanah dan pupuk tidak terbagi oleh tanaman lain. perawatan terakhir yaitu perawatan tambahan.

Perawatan tambahan adalah perawatan yang dilakukan jika tanaman semangka anda terlalu lebat, anda bisa memangkas batang atau daun yang sudah tidak di perlukan lagi. Sementara jika ada  bibit yang mati anda bisa melakukan tanam ulang untuk menggantikan bibit tersebut.

Manfaat Buah Semangka

Buah semangka adalah buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hampir semua orang suka terhadap buah jenis ini, apalagi jika di nikmati pada siang hari yang panas atau untuk menu pembuka saat bulan puasa. Berikut ini uraian lengkap tentang kandungan serta manfaat buah semangka yang wajib anda ketahui.

1. Menjaga kesehatan ginjal

semangka mengandung vitamin dan kalium yang berperan untuk mempertahankan fungsi kerja ginjal. Kalium dalam semangka mampu membersihkan zat racun maupun zat lain yang mengendap pada ginjal. Mengkonsumsi semangka secara rutin juga mampu melancarkan pembuangan zat racun dalam tubuh secara maksimal.

2. Mencegah terjadinya kanker

Semangka memiliki kandungan vitamin yang beraneka macam, salah satunya adalah vitamin c dan lycopene yang tinggi. Kedua zat tersebut mampu melindungi sel – sel dalam tubuh dari serangan radikal bebas. Sehingga tubuh dapat terbebas dari sel kanker.

Selain kedua zat tersebut, semangka juga berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Berdasarkan beberapa penelitian kandungan antioksidan dalam buah ini sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker serta penyakit berbahaya lainnya.

3. Menjaga tulang dan jantung

Senyawa likopen dalam semangka selain berfungsi sebagai pencegah kanker, juga dapat melindungi kekuatan tulang dan kesehatan jantung. Kandungan likopen dalam semangka mampu membuat aliran darah dalam jantung menjadi maksimal.

Akibat proses aliran darah berjalan lancar, sehingga tingkat oksidatif dalam pembuluh darah sebagai penyebab penyakit jantung berkurang secara drastis.  Kandungan kalsium dalam buah ini mampu menjaga kesehatan tulang sehingga tidak mudah terjadi keropos atau osteoporosis lebih dini.

4. Mencegah menopause dini

Vitamin A, C dan potasium dalam semangka mampu mencegah masuknya radikal bebas dari lingkungan sekitar yang menyerang kulit manusia. Semua paparan lingkungan seperti cahaya matahari yang mengandung sinar ultra violet, polusi udara, asap kendaraan serta paparan lingkungan yang lain.

Berbagai paparan tersebut mampu menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti terbentuknya bintik hitam, timbulnya jerawat pada wajah bahkan hingga menopause dini. Kandungan zat antioksidan dan vitamin A, C dalam semangka mampu mencegah dan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh sehingga kulit menjadi sehat kembali.

Selain itu semangka juga mampu mengatasi masalah kulit kering, karena kandungan airnya yang sangat tinggi hingga 90%. Kandungan air dalam buah tersebut mampu mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh semangka juga dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan. Selain di konsumsi secara langsung buah ini dapat digunakan sebagai masker wajah maupun rambut. Gunakan masker dari semangka setidaknya dua kali dalam satu minggu maka kulit anda akan terasa lebih lembut dan kenyal.

Buah semangka merupakan buah yang kaya akan manfaat jika di konsumsi dengan batas normal. Jika anda mengkonsumsi secara berlebih dapat menimbulkan efek buruk juga bagi kesehatan. Karena semua yang berlebihan selalu tidak baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *