Mengenal Sejarah Singkat Buah Melon

3 min read

buah melon

Buah melon merupakan buah yang banyak orang suka, karena rasanya yang manis dan segar. Apalagi jika di makan pada siang hari dan suasana lagi panas. Buah dengan banyak manfaat ini sangat mudah di dapatkan karena banyak di toko-toko buah dan juga di jual dengan harga yang dapat di jangkau oleh semua kalangan.

Apa Itu Buah Melon?

Buah melon merupakan jenis buah yang masih satu golongan dengan suku labu-labuan. Buah ini berbentuk bulat, dengan kulit luar tampak halus namun agak kasar. Warna kulit luar biasanya hijau tua atau hijau ke abu-abuan.

Daging dari buah ini agak tebal dan memiliki dua jenis warna yaitu warna kuning dan warna hijau. Untuk melon dengan daging buah warna hijau biasa di gunakan untuk jus buah atau rujak buah. Sementara untuk melon dengan daging buah warna kuning biasa di gunakan untuk campuran es buah bersama dengan buah lainnya. Buah ini juga bisa di konsumsi secara langsung. Untuk lebih jelas mengenai apa itu buah melon dapat dibaca pada artikel selanjutnya.

Cara Menanam Buah Melon

Cara menanam buah melon untuk tujuan budidaya melon dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Buah yang masih satu suku dengan buah semangka, blewah dan bangsa labu-labuan lainnya memiliki cara tanam yang hampir sama. Bahkan hingga ke model perawatannya juga hampir sama, hanya terdapat beberapa perbedaan kecil.

Menanam buah jenis ini dapat dilakukan dengan cara hidroponik maupun di tanam langsung di lahan terbuka. Jika ditanam secara hidroponik maka anda bisa menggunakan polybag atau pot sebagai media tanam yang berkualitas. dengan proses tanam sebagai berikut :

[1] Lakukan penyemaian benih

Penyemaian benih bisa di lakukan secara langsung pada media tanam atau terlebih dahulu di semai pada polybag kecil untuk kemudian di pindahkan ke media tanam yang lebih besar.  Lakukan pengamatan rutin dari hari pertama semai hingga benih tumbuh dan siap di pindah ke tanah lapang atau ke poybag yang lebih besar.

[2] Penanam bibit melon

Penanaman bibit melon bisa di lakukan jika usia benih kira-kira berkisar antara 10-14 hari dihitung dari hari pertama semai benih. Jika benih di tanam pada lahan yang langsung tanah, buatlah jarak antar tanaman sekitar 2 meter untuk proses pertumbuhan tanaman. Begitu pula jika di tanam secara hidroponik.

Untuk penanaman yang langsung di kebun jangan lupa untuk memberi pematang lahan untuk aliran air supaya nutrisi untuk buah tetap terpenuhi. Untuk penanaman secara hidroponik lakukan penyiraman secara rutin.

Karena melon masih satu suku dengan semangka jangan lupa untuk memberi tiang penyangga pada masing-masing bibit melon anda. Supaya jika melon tumbuh besar langsung pada tiang penyangganya.

[3] Perawatan tanaman melon

Merawat tanaman melon merupakan hal yang mudah, anda hanya perlu secara rutin melakukan penyiraman kemudian memberikan nutrisi sesuai kebutuhan tanaman. Memberikan nutrisi di lakukan dengan memberikan pupuk kompos, pupuk urea atau vitamin khusus untuk tanaman melon.

Ketika tanaman melon anda mulai tumbuh besar, jangan lupa untuk melakukan perawatan dari rumput liar. Keberadaan rumput liar di kebun melon anda dapat menyerap sumber vitamin dan mineral yang seharusnya untuk melon. Sehingga tanaman anda menjadi layu dan lemas bahkan bisa sampai tidak berbuah jika tanaman liar tidak di tangani dengan baik.

[4] Masa panen buah

Buah melon yang di budidaya kan dengan baik, dapat di panen ketika sudah berusia 3 bulan dari hari penanaman bibit.  Buah ini yang sudah bisa di panen memiliki ciri-ciri khusus salah satunya adalah buah tampak retak-retak dan warna kulitnya hijau ke kuning-kuningan.

Untuk panen melon yang baik lakukan sebelum melon matang secara sempurna di atas pohon, karena menjaga agar tidak terjadi kerusakan ketika melon di distribusikan untuk penjual. Usahakan jika memanen melon menggunakan gunting atau alat berkebun lain untuk memetik tangkainya agar tidak rusak.

Lakukan distribusi melon dengan hati-hati, gunakan kotak pengiriman yang aman. Sehingga kondisi buah tetap sama dengan kondisi dari kebun ketika sampai di tangan konsumen. Karena kepuasan konsumen merupakan tujuan utama dari budidaya melon yang baik.

Manfaat Buah Melon

Buah ini adalah buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan, kandungan vitamin dan zat lain yang sangat banyak memiliki pengaruh positif bagi kesehatan. Manfaat yang paling terkenal dari buah ini adalah sebagai sarana tradisional untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit kanker dan serangan jantung pada manusia.

Manfaat lain yang tidak kalah penting dari buah ini adalah sebagai pencegah masuknya radikal, menyehatkan mata, menyehatkan kulit, mencegah terjadinya stroke dan yang paling di cari oleh wanita adalah melon dapat di gunakan sebagai penurun berat badan.

Setiap jenis melon memiliki manfaat yang berbeda beda, melon dengan daging buah kuning biasanya memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi sehingga mampu mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh lebih banyak. Yang berarti mampu mencegah terjadinya kanker secara lebih tepat.

Melon juga baik di konsumsi sebelum minimal 30 menit sebelum makan, untuk menambah kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Karena mengkonsumsi buah sebaiknya dilakukan minimal 30 menit sebelum waktu makan berlangsung.

Melon biasa di gunakan sebagai menu awal sebelum makan, atau di gunakan untuk campuran salat buah yang di konsumsi oleh orang-orang yang ingin diet. Karena kandungan sodium dalam melon yang tinggi sehingga anda cukup konsumsi melon untuk mengatasi rasa lapar anda.

Selain itu buah ini juga mampu mencegah terjadinya impoten bagi laki-laki  jika di konsumsi secara rutin dan dengan jumlah yang di perlukan oleh tubuh. Karena apa pun yang di konsumsi secara berlebihan selalu tidak baik untuk kesehatan. Baca untuk penjelasan yang lebih detail; Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan.

Bahaya Buah Melon

Melon memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun berdasarkan isu terbaru yang beredar di dunia secara luas ternyata terdapat bahaya dalam buah melon. Bahwa pada melon kuning yang sering di kenal dengan sebutan rock melon terdapat jenis bakteri yang mematikan bagi manusia. Kasus tersebut semula terjadi di Australia dan di khawatirkan jika Indonesia melakukan impor buah jenis tersebut.

Bakteri tersebut rentan menyerang ibu-ibu yang sedang hamil, orang-orang yang sudah lanjut usia, orang yang memiliki fisik lemah dan anak-anak yang belum memiliki kekebalan tubuh yang cukup.

Sebaiknya jika anda akan membeli melon pastikan terlebih dahulu bahwa yang anda beli adalah melon yang di tanam dan di budidaya kan di Indonesia. Bukan melon impor hanya untuk berjaga-jaga dari infeksi bakteri mematikan dalam buah tersebut tidak mengenai anda maupun keluarga anda.

Semua penjelasan di atas adalah sejarah singkat tentang buah melon. Meliputi cara penanaman, manfaat bagi kesehatan tubuh hingga bahaya dari buah tersebut bagi kesehatan. Namun tidak semua jenis buah ini berbahaya bagi kesehatan, jeli dalam memilih buah ketika membeli akan membuat anda dan keluarga aman dan bebas dari penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *