Mengenal Keistimewaan Buah Melon

2 min read

buah melon

Di Indonesia dan bahkan di beberapa negara di dunia, buah melon adalah salah satu buah favorit yang banyak di konsumsi orang. Itu karena manfaat yang terkandung dalam buah ini cukup banyak, sehingga mengkonsumsi melon sangat dianjurkan untuk kesehatan di segala jenjang usia, mulai dari anak kecil, dewasa hingga usia lanjut.

Jika terlalu sering mengkonsumsi melon dalam bentuk buah segar, mungkin akan mengakibatkan kebosanan. Maka sekarang ini sudah banyak kreasi-kreasi baru yang diciptakan untuk mengolah melon menjadi aneka hidangan minuman maupun menu penutup hidangan. Seperti es buah melon, puding melon, kue yang dibuat dari campuran buah melon, dan lain-lain.

Keistimewaan Singkat Buah melon

Selain bermanfaat untuk kesehatan, banyak juga orang yang menggunakan buah melon untuk diet. Karena mengkonsumsi melon membuat Anda cepat kenyang dan rasa kenyang itu bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama, sehingga tidak perlu lagi mengkonsumsi makanan lainnya. Kandungan serat yang terdapat dalam melon membantu memperlancar metabolisme tubuh sehingga tidak menimbun lemak.

Vitamin dalam buah melon juga cukup banyak, yaitu itamin A, vitamin C, Kalsium (Ca), Kalium (K), vitamin B kompleks yang sangat bermanfaat untuk mencegah sariawan, bibir pecah-pecah, radang usus buntu, penyakit rongga mulut bahkan kanker mulut. Melon yang dijadikan jus bermanfaat untuk penderita penyakit maag, radang lambung, kanker usus dan kencing manis (diabetes).

Setelah mengetahui manfaatnya yang cukup baik dan banyak, maka banyak orang yang berminat untuk melakukan budidaya buah melon. Meskipun harganya cukup terjangkau, tetapi banyak juga yang ingin mengetahui cara budidaya buah melon itu dengan tujuan agar lebih menghemat pengeluaran terhadap konsumsi buah tersebut, atau dijadikan sebagai bisnis, dimana para penanam melon tersebut dapat menjual hasil tanamnya ke pasaran.

Jika Anda berminat dalam budidaya buah melon tersebut, ada baiknya Anda mengetahui cara menanam buah melon serta tahapannya dengan jelas, supaya tidak salah dalam prosesnya, yang nanti akan menyebabkan melon tidak bisa tumbuh dan berbuah dengan sempurna. Jika melon tersebut rusak, tentu saja ini akan merugikan Anda nantinya.

Tahapan dalam Menanam Buah melon

1. Pertama, Anda harus menyediakan lahan yang cukup, tidak perlu terlalu luas tapi juga jangan terlalu sempit. Dan usahakan di area yang tidak terlalu kencang tiupan anginnya, sebab angin yang terlalu kencang itu bisa menyebabkan batang pohon melon cepat patah.

2. Kedua, Pemilihan bibit buah melon juga merupakan faktor yang penting. Jadi Anda harus mencoba terlebih dahulu apakah bibit itu baik atau tidak. Caranya, rendam bibit itu kurang lebih dua jam dalam air atonik. Apabila bibit itu mengapung dalam air, itu berarti bahwa bibit tersebut tidak baik. Selanjutnya simpan bibit di tempat kering agar tidak terkena jamur.

3. Ketiga, Bibit yang sudah terpilih atau yang baik, disemaikan dengan cara direndam selama kurang lebih 12 jam lalu disimpan di tempat yang gelap sampai menghasilkan kecambah atau bercabang.

4. Keempat, Benih yang sudah membentuk kecambah tersebut, dimasukkan ke dalam wadah polibag yang sudah diisi tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1 dan disiram 2 hari sekali.

5. Kelima, Siapkan lubang di lahan yang terdiri dari beberapa bedengan (lajur). Panjangnya sekitar 15m, lebar 150cm, tinggi 50cm, dan diantara tiap lajur atau bedeng diberikan jarak berupa lubang yang berfungsi sebagai parit sekitar 50cm lebarnya. Tanah untuk media tanam tersebut adalah campuran tanah, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 1:2:3. Siramlah tanah tempat menanam itu dengan air terlebih dahulu.

6. Keenam, Lahan tempat menanam melon memang sebaiknya memang terkena sinar matahari, tetapi tanaman tersebut harus dihindarkan dari paparan secara langsung sinar matahari, maka harus dibuat plastik 2 lapis, yaitu bagian alas dan bagian tutup, yang nantinya akan dilubangi saat hendak memindahkan kecambah ke dalam tanah tersebut.

7. Ketujuh, Cara tanam buah melon yang baik adalah dengan memindahkan bibit kecambah yang ada dalam polibag setelah berumur sekitar 2-3 minggu atau kira-kira tingginya mencapai 10cm ke dalam lubang yang sudah disiapkan dengan hati-hati, karena jika bibit yang berbentuk kecambah yang sudah disemai dalam polibag rusak, maka tanaman buah melon itu tidak bisa tumbuh dengan sempurna. Proses penanaman itu sebaiknya dilakukan pada awal musim kemarau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *