Bahaya Buah Melon [FAKTA!!!]

3 min read

Buah melon merupakan buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Banyak orang suka terhadap jenis buah yang satu ini. Namun, ternyata buah tersebut juga memiliki efek negatif bahkan berbahaya bagi kesehatan. Bahaya buah melon bagi kesehatan tidak sepenuhnya karena gizi kandungan zat dalam buah melon. Namun karena faktor lain.

Bahaya Bakteri Mematikan Dalam Buah Melon

Kasus dan berita tentang adanya bakteri mematikan dalam buah melon sebenarnya sudah lama beredar di Dunia. Namun, respons masyarakat tersebut masih sangat sedikit karena belum ada korban dari keganasan bakteri tersebut. Hingga akhirnya tiga orang warga Australia meninggal dunia karena terinfeksi bakteri listeria dalam buah melon yang di konsumsinya.

Bakteri tersebut merupakan jenis bakteri yang dapat hidup dan berkembang biak dengan baik dalam buah melon yang tidak terawat. Sumber asalnya diduga dari perkebunan melon yang ada di New South Wales.

Bakteri ini rentan menyerang orang tua, orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, ibu hamil, anak-anak kecil. Bahkan di luar negeri pengawasan terhadap kasus ini sangat ketat karena berdasarkan survei setidaknya dalam satu bulan ditemukan 15 kasus infeksi bakteri listeriosis.

Gejala yang ditimbulkan dari infeksi bakteri ini adalah gejala umum yang sama dengan gejala flu biasanya. Seperti demam, menggigil dan nyeri pada otot tubuh. makanan lain yang mungkin dapat berpotensi menularkan bakteri ini adalah salat yang sudah di bekukan dan makanan mentah lainnya.

Apa saja bahaya yang ditimbulkan jika memakan buah melon yang mengandung bakteri mematikan tersebut. berikut ini bahaya buah melon yang mengandung listeria bagi kesehatan manusia.

  1. Membuat abortus jika di konsumsi oleh ibu hamil.

Jika ibu hamil secara tidak sengaja mengkonsumsi melon yang di dalamnya terdapat bakteri listeria, sementara usia kehamilan ibu tersebut masih muda yaitu antara 3-6 bulan pertama kemungkinan besar akan menyebabkan abortus.

  1. Kematian dini janin dalam kandungan.

Bahaya buah melon yang mengandung bakteri jahat, bahkan bisa menyebabkan kematian dini bagi janin dalam kandungan. Kematian bisa terjadi karena janin ikut terinfeksi bakteri tersebut dan bakteri tersebut mencegah masuknya kebutuhan gizi dari ibu ke anak. Sehingga anak dalam kandungan mengalami kesulitan napas dan kekurangan energi sehingga terjadi kematian dini.

  1. janin lahir cacat

selain menyebabkan abortus pada kandungan usia muda dan juga kematian dini pada janin, bakteri ini jika masuk ke dalam tubuh ibu hamil yang sudah memiliki usia kehamilan lebih dari 7 bulan. Makan kemungkinan bayi tersebut dapat lahir dengan selamat namun kondisinya cacat karena.

Karena bakteri tersebut mencegah proses pembentukan organ – organ dalam janin sehingga ketika lahir bayi tersebut dalam keadaan yang tidak lengkap atau cacat. Banyak faktor kesehatan janin dan sang ibu yang terpengaruh oleh bakteri jahat di dalam buah melon tersebut.

Buah melon menjadi berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan ibu hamil serta calon anaknya. Ketika sang ibu mengkonsumsi buah melon yang sudah jelek atau yang rusak atau yang sudah di buka lama tanpa di bersihkan dahulu. Dan ketika kondisi kekebalan tubuh sang ibu maupun janin sedang dalam kondisi rendah.

Bahaya Melon Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Penyebab Diabetes

Buah melon diketahui memiliki kadar glukosa dan kadar air yang tinggi, sehingga banyak orang yang awalnya tidak mengetahui jika bahwa kandungan gula dalam buah ini tinggi mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak dan tiba – tiba sudah terkena penyakit diabetes.

Karena memang jenis buah bangsa mentimun ini tidak bisa di konsumsi dalam jumlah yang banyak secara terus. Sebenarnya bukan hanya buah jenis ini saja melainkan buah – buahan lain juga demikian. Karena semua yang berlebihan selalu tidak baik untuk kesehatan.

  1. Tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah

Kandungan nurtisi dalam buah melon memang di ketahui memiliki banyak manfaat jika di konsumsi secara normal dan sesuai aturan. Namun, ada sebagian kelompok masyarakat pencinta buah melon mengabaikan hal tersebut sehingga muncul gangguan tekanan darah dan lain sebagainya.

Buah melon dapat menurunkan dan menaikkan tekanan darah selama batas konsumsi normal. Jika saat tekanan darah anda rendah misalnya, kemudian anda mengkonsumsi buah melon dengan tujuan meningkatkan tekanan darah. Namun, anda konsumsi dalam jumlah yang banyak dengan harapan tekanan darah anda cepat naik dan menjadi normal.

Maka jika hal demikian yang anda lakukan yang muncul hanyalah bahaya buah melon, bukan manfaat buah melon. Tekanan darah anda akan memang akan meningkat dengan cepat namun melebihi batas normal, sehingga anda dinyatakan menderita hipertensi. Hal tersebut belaku juga bagi yang konsumsi melon dengan tujuan menurunkan tekanan darah.

  1. Menyebabkan penyakit komplikasi pada tubuh

Mengkonsumsi buah melon memang bagus bagi kesehatan, tetapi jika berlebihan bahaya buah melon juga dapat timbul. Buah melon yang biasanya di konsumsi untuk diet atau untuk pencegah dehidrasi, karena kandungan seratnya yang tinggi.

Namun jika mengkonsumsi buah melon terlalu sering dan berlebihan juga menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. kandungan fruktosa dalam buah melon jika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan membuat sel hati bekerja terlalu keras untuk merubah fruktosa menjadi glukosa untuk kemudian di gunakan sebagai energi.

Efek samping dari reaksi kompleks pemecahan fruktosa menjadi glukosa hingga akhirnya menjadi energi menghasilkan lemak, asam urat serta radikal bebas yang justru tidak di butuhkan oleh tubuh dan berbahaya untuk kesehatan.

Asam urat yang berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya penyakit asam urat, yaitu kaku otot lemas dan lainnya. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang yang sudah lanjut usia, melainkan semua usia saat ini bisa menderita penyakit ini. Terlebih lagi jika pola makannya tidak di jaga dengan baik.

Untuk efek selanjutnya yaitu timbunan lemak dalam tubuh yang berlebih, jika konsumsi melon terlalu berlebihan bukan diet anda berhasil tetapi justru obesitas yang anda dapatkan. Karena jika kadar gula dalam darah tinggi salah satu tandanya adalah obesitas.

Buah melon memang merupakan buah yang banyak manfaat, namun perlu diingat bahwa setiap kandungan nutrisi dalam buah melon jika di konsumsi terlalu banyak dalam tubuh tetap akan menimbulkan banyak efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Bahkan jika sampai terkontaminasi bakteri dapat berakhir pada kematian.

Bahaya buah melon sering ditemukan pada melon impor dari luar negeri terutama dari negara Australia. Biasanya jenis melon dengan daging buah berwarna oranye atau sering disebut dengan Rock Melon.  Karena dari penelitian yang dilakukan terhadap kasus kematian yang terjadi bakteri di temukan pada jenis melon tersebut.

Jika anda seorang penggemar buah melon, jadilah penggemar yang cerdas. Sehingga bisa membedakan buah mana yang sehat dan yang tidak sehat untuk di konsumsi. Sehingga kesehatan anda dan keluarga terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *