Apa Itu Buah Semangka?

3 min read

Gambah buah semangka

Buah semangka merupakan buah yang kaya vitamin dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh.  Buah yang bisa di jumpai di setiap toko atau pedagang buah, dan ada di setiap musim ini semakin banyak penggemarnya. berikut ini penjelasan lengkap tentang apa itu buah semangka dan segala hal lain yang terkait dengan buah tersebut.

Gambah buah semangka

Jenis – jenis buah semangka.

Apa itu buah semangka?, buah semangka adalah tanaman yang asal mulanya dari Afrika Selatan dan kemudian menyebar hingga ke seluruh belahan dunia dan sampai di Indonesia. Semangka yang merupakan satu anggota suku dengan buah mentimun ini memiliki beberapa jenis. Jenis – jenis buah semangka dapat anda pelajari di bawah ini.

1. Semangka Jenis Lokal

Semangka lokal merupakan semangka khas dari Indonesia, terutama daerah Jawa Timur khususnya area Malang dan sekitarnya. Jawa Timur merupakan daerah dengan total produksi semangka tertinggi. Berbagai macam jenis semangka di hasilkan di daerah tersebut. Pertama adalah jenis semangka sengkaling.

Semangka khas daerah Malang, Jawa Timur. Ciri khasnya adalah berbentuk lonjong dengan garis yang tipis serta memanjang berwarna hijau tua.  Jika sudah tua dan matang ketika di belah warna buahnya merah cerah dengan biji yang banyak namun rasanya sangat manis. Jenis semangka daerah ini adalah semangka yang biji buahnya dapat di tanam kembali setelah di konsumsi.

Kedua adalah jenis semangka khas daerah Bojonegoro, ciri khasnya hampir sama dengan semangka jenis pertama.  Bentuknya lonjong, bijinya banyak dan dagingnya tebal. Warnanya agak berbeda karena semangka khas Bojonegoro warnanya merah agak kekuningan.

2. Jenis Semangka Hibrida

Semangka ini memiliki jenis berbagai macam lagi, karena tipenya banyak sekali. Yang pertama yaitu jenis semangka sweet beauty, yang merupakan jenis semangka unggulan. Beratnya hingga 3 – 4 kilogram, warna kulitnya hijau muda, terdapat belang hijau tua yang memanjang di seluruh kulit buah semangka jenis ini.

Buah jenis ini memiliki ciri – ciri kulit buah yang tebal, yang berguna sebagai pertahanan ketika pengiriman dan pertahanan ketika penyimpanan. Warna daging buahnya merah cerah. Kandungan gulanya hanya 12 – 14% dari total nutrisi semangka. semangka jenis ini dapat di panen ketika usianya sudah 80 – 85 hari dihitung sejak hari pertama tanam.

Jenis semangka yang selanjutnya yaitu buah semangka naga atau new dragon asli dari taiwan. Ciri-cirinya, ukurannya besar bentuknya bulat namun memanjang ketika panen beratnya dapat mencapai 9 kilogram. Kulit buahnya sangat tebal sehingga tahap terhadap kerusakan. Semangka jenis ini memiliki daging buah yang banyak sehingga banyak di inginkan oleh masyarakat.

Semangka jenis ini mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, sehingga bisa di tanam di manapun. Serta tahan terhadap serangan virus tanaman buah. Jenis semangka yang ketiga yaitu semangka emas dengan ciri – ciri warna kulitnya kuning cerah namun dagingnya merah dengan total kandungan gula sekitar 12% biji buah semangka jenis ini kecil – kecil..

Selanjutnya semangka raksasa dengan ukuran buah sangat besar bahkan mencapai 12 kilogram ketika di panen. Jika di buka kulit buahnya akan terasa keras dan tebal, namun daging buahnya tampak berwarna merah segar.

Buah semangka berikutnya yaitu semangka Yellow Baby, semangka dengan bentuk lonjong dan diameternya hanya 15 sentimeter hanya saja beratnya mencapai 4 kilogram.  Ciri lainnya ada kulit buah dengan warna hijau gelap, warna daging buahnya juga berwarna merah menyala.

3. Semangka kualitas terbaik

Semangka jenis ini sesungguhnya merupakan jenis semangka unggul yang paling baik, paling banyak di cari oleh pedagang buah dan juga pembeli buah. Semangka ini jika matang beratnya mencapai 7,5 kilogram dan tanpa biji sama sekali pada daging buahnya. Semangka degan bentuk bulat dan warna kulit hijau namun agak kebiruan dengan corak hijau tua.

Setelah menjawab pertanyaan tentang apa itu buah semangka?, selanjutnya akan di bahas tentang kandungan dalam buah semangka. apa saja kandungan dalam buah semangka sehingga banyak orang yang menyukai jenis buah ini.

Kandungan Buah Semangka

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, kandungan buah semangka sangat banyak, dan dapat memengaruhi kesehatan dalam tubuh manusia. Dari sebuah penelitian di katakan bahwa dalam 1 cangkir air hasil sari buah semangka mengandung berbagai macam zat, sebagai berikut :

  1. 43 kalori dalam 1 gelas perasan semangka
  2. Kandungan lemaknya 0%.
  3. Sodium dalam ekstraknya 2 miligram.
  4. dengan kandungan karbohidrat 11 gram termasuk dengan 9 gram gula.
  5. 1 gram serat
  6. 17 % terdiri dari Vitamin A
  7. 21% terdiri dari Vitamin C
  8. 2% terdiri dari Zat besi, serta
  9. 1% kalsium

Semua kandungan dalam buah semangka, seperti vitamin, karbohidrat, mineral dan zat fitokimia yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya. Selain semua hal yang tersebut diatas, mayoritas kandungan semangka adalah air yang terdiri dari 92% dari total nutrisi semangka.

Zat yang terkandung dalam buah semangka tersebut sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia salah satunya adalah sebagai alat untuk menyempurnakan kecantikan. Kandungan vitamin A dan C sangat baik untuk memperbaiki sistem kulit yang mengalami kerusakan.

Selain untuk terapi kecantikan buah semangka juga dapat di gunakan sebagai bahan obat tradisional yang ampuh. Semangka dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah, kandungan likopen yang ada di dalam semangka mampu memperbaiki kerja pembuluh darah arteri sehingga tekanan darah kembali normal.

Buah semangka juga mengandung zat anti oksida yang mampu mencegah masuknya radikal bebas, sehingga kanker atau tumor dapat di cegah dengan baik. kandungan air yang tinggi dalam buah ini mampu mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh serta melancarkan sistem pencernaan.

Masih banyak manfaat lain yang di berikan oleh buah semangka untuk kesehatan tubuh, namun tetap harus di konsumsi dalam jumlah yang wajar. Jika terlalu banyak mengkonsumsi buah semangka tentu akan menimbulkan efek negatif terhadap tubuh. Oleh karena hal tersebut sebaiknya hindari mengkonsumsi buah ini secara berlebih.

 

Rasa Buah Semangka

Apa itu buah semangka dan apa kandungan dalam buah semangka sudah terjawab, berikut ini rasa yang di berikan oleh buah semangka. siapa yang belum mengetahui rasa dari buah semangka? hampir semua orang tahu rasanya dan menyukainya. Buah ini memiliki rasa yang manis hingga sangat manis.

Namun, bagaimana cara mengetahui semangka yang memiliki rasa manis ketika hendak membeli buah semangka. Langkah pertama yaitu memilih buah semangka dengan melihat bagian bawahnya. Jika bagian bawah semangka ada yang berwarna kuning berarti buah tersebut manis rasanya.

Kedua, pilih semangka yang manis dengan cara mengetuk kulit luarnya, jika di ketuk menghasilkan buni yang menandakan seolah – olah bagian dalam berongga berarti semangka tersebut rasanya manis.

Cara selanjutnya adalah memilih berdasarkan warna dan tampilan buah, pilih yang warnanya jelek dan ada seperti sarang laba-labanya. Berdasarkan beberapa survei semangka dengan tampilan kulit luar yang cacat justru rasanya sangat manis.

Trik terakhir adalah pilih buah semangka manis dengan melihat bentuknya, jika bentuknya bulat maka buah semangka tersebut manis. Berdasarkan beberapa pendapat bahwa semangka di bedakan menjadi dua golongan yaitu jantan dan betina. Semakin lonjong semangka berarti semangka tersebut jantan dan isinya akan lebih banyak mengandung air.

Jika bentuknya semakin bulat menandakan bahwa semangka tersebut adalah betina dan rasanya akan semakin manis. Semua ulasan diatas adalah jawaban dari pertanyaan apa itu buah semangka, serta kandungan dan cara memilih semangka dengan rasa yang manis. Selamat mencoba trik di atas, semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *