Apa Itu Buah Melon?

3 min read

Budidaya Buah Melon

Penjelasan Singkat Buah Melon

Apa itu buah melon? Buah melon adalah buah yang masih satu suku dengan semangka atau labu-labuan jenis lain. Buah ini biasa di gunakan sebagai hidangan sebelum makan, di buat jus buah atau di gunakan sebagai campuran es buah. Buah dengan rasa manis yang khas dan daging buah yang lembut akan terasa segar dan nikmat jika di makan di siang hari yang panas.

Melon sendiri merupakan tumbuhan satu musim yang tumbuh secara menjalar pada tiang penyangga yang sengaja di sediakan oleh petani buah ketika membudidayakan melon. Tumbuhan buah ini merupakan jenis tumbuhan yang berumah satu, yang mana perkawinan buah ini dapat di lakukan dengan bantuan angin dan sentuhan yang lain.

Buah jenis ini memiliki ciri-ciri daging buah yang tebal, karena bagian yang harusnya untuk kulit berubah menjadi daging buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Sehingga daging buahnya memiliki konsistensi yang tebal, halus, manis dan sedikit bau harum.

Melon sendiri terdiri dari berbagai jenis, yang di temui di Indonesia sendiri ada jenis melon dengan daging buah berwarna oranye dan daging buah berwarna hijau segar. Rasa dari kedua jenis melon ini sedikit berbeda, namun sama-sama manis.

Kandungan Buah Melon

Apa itu buah melon dan apa saja kandungan di dalamnya, karena masih banyak orang yang sering mengkonsumsi buah melon namun tidak mengerti apa yang terkandung di dalam buah tersebut. Melon memiliki kandungan gizi dengan jumlah yang cukup tinggi, diantaranya adalah vitamin C, Vitamin A, vitamin B6, Kalium, Niacin, Serat dan Asam Folat.

Berikut ini kandungan lengkap yang tertera dalam setiap 179 gram melon :

  1. Kalori 60,2% setara dengan 252 kilojoule kalori
  2. Karbohidrat 52,4 setara dengan 219 kilojoule karbohidrat
  3. Protein 1,5 gram atau 3%
  4. Total vitamin A 5987 InternationalUnit (120%)

Dan kandungan lainnya seperti mineral, asam folat dan vitamin B kompleks yang terkandung dengan jumlah masing-masing dan memiliki manfaat positif bagi tubuh.

Manfaat buah melon sendiri sebelumnya belum banyak di ketahui oleh masyarakat yang bahkan seorang pencinta melon sekalipun. Namun kebanyakan masyarakat memutuskan untuk mengkonsumsi buah melon adalah karena rasanya yang enak dan karena pendapat masyarakat bahwa konsumsi buah secara rutin adalah langkah untuk hidup sehat.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan berulang kali oleh para ilmuwan, menunjukkan bahwa buah melon bebas kandungan kolesterol dan lemak sehingga buah ini sangat cocok untuk membantu diet yang biasa di lakukan oleh para wanita. Sama halnya dengan semangka buah ini memiliki kandungan air dengan jumlah yang tinggi sehingga cocok untuk menjaga fungsi organ dalam tubuh.

Kandungan nutrisi dalam buah melon memiliki banyak manfaat, contohnya vitamin A, C dan K dalam buah ini memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan kulit, kesehatan mata, kuku dan rambut. Selain hal tersebut tadi vitamin A dalam buah melon mampu membantu proses pembekuan darah jika terjadi luka yang menyebabkan pendarahan.

Mengkonsumsi 1,5 cangkir melon dalam satu harinya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh  hingga 25% sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh tetap normal.

Kandungan  betakaroten  dalam satu cangkir jus melon terbukti sudah memenuhi 51 mcg betakaroten untuk tubuh. Karena betakaroten merupakan salah satu tipe provitamin yang jika sudah masuk ke tubuh  akan di ubah menjadi vitamin A yang berguna bagi kesehatan mata dan kulit.

Kandungan asam folat dalam buah melon  dapat membantu menjaga pertumbuhan sel-sel dalam tubuh sehingga keseimbangan sela dalam tubuh tetap terjaga. Vitamin B6, Tiamin, Riboflavin, Niacin dan Asam Pantotenat merupakan golongan dari vitamin B kompleks yang dapat membantu tubuh untuk menghasilkan energi dan menjaga sistem metabolisme tubuh.

Efek Samping Buah Melon

Setelah pertanyaan tentang apa itu buah melon dan apa kandungan di dalam buah melon terjawab. Buah melon adalah buah dengan kandungan air dan kadar gula yang cukup tinggi. Rasa manis dari buah melon adalah bukti utama bahwa melon memiliki kandungan glukosa yang tinggi. Sehingga  jika anda mengkonsumsi melon dalam jumlah yang banyak dapat berakibat negatif bagi kesehatan.

Konsumsi melon secara berlebih dapat menyebabkan terjadinya diabetes, kandungan dalam buah melon memiliki indeks glikemik mencapai 65 – 100%.  Bagi penderita diabetes atau yang mempunyai riwayat penyakit diabetes atau ada keturunan diabetes dari orang tua, sangat di sarankan untuk tidak mengkonsumsi buah melon dalam jumlah yang banyak dan sering.

Untuk ibu yang sedang hamil, mengkonsumsi buah melon juga memiliki efek samping negatif jika berlebihan. Efek samping tersebut akan langsung mengenai calon buah hati dari ibu tersebut. ibu hamil yang mengkonsumsi melon secara berlebih dan tanpa mempedulikan kebersihan serta kondisi melon dapat menyebabkan bayi cacat ketika lahir bahkan hingga abortus.

Kenapa melon bisa menyebabkan bayi lahir cacat, sang ibu kesakitan dan bahkan menyebabkan abortus. Karena dalam buah melon yang di konsumsi sembarangan tanpa di jaga kebersihan dan kondisinya, dapat menjadi perantara untuk masuknya bakteri listeria ke dalam tubuh ibu hamil dan kemudian menginfeksi anak yang ada di dalam rahim ibu.

Gejala yang biasa timbul dari ibu hamil yang terinfeksi bakteri listeria dari buah melon adalah mual, pusing, muntah secara berlebih dan kejang-kejang. Segera bawa keluarga anda ke dokter jika melihat ada gejala seperti yang telah di sebutkan tadi.

Peringatan penting yang perlu di perhatikan adalah ibu hamil bisa terserang listeria jika mengkonsumsi buah melon yang kotor. Jika yang di konsumsi ibu hamil adalah  melon yang pasti kesehatannya risiko untuk terkena bakteri jahat sangat kecil.

Hal yang tidak kalah penting bagi ibu yang sedang hamil jika mengkonsumsi melon berlebihan akan mengganggu kerja sistem pencernaan. Untuk itu jangan mengkonsumsi melon berlebihan bagi para ibu hamil. Karena selain berakibat buruk bagi buah hati juga berakibat buruk bagi sang ibu sendiri.

Mengenai bahaya negatif melon bagi kesehatan, sebagian besar bukan karena buah melonnya. Melainkan karena bagaimana cara anda mengkonsumsi buah tersebut, jumlah yang anda konsumsi dan seberapa sering anda mengkonsumsi melon.

Meskipun anda adalah seorang pencinta melon, sebaiknya anda bisa mengkontrol diri anda ketika mengkonsumsi melon. Ingat mengkonsumsi dengan jumlah berlebih dapat menyebabkan diabetes terlebih jika sudah mempunyai riwayat atau gen turunan diabetes dari orang tua. Selain itu menyebabkan gangguan sistem pencernaan.

Dan jika anda mengkonsumsi melon dalam kondisi yang tidak bersih, kemungkinan besar anda akan terkena penyakit mematikan karena terinfeksi bakteri mematikan yang tumbuh dan hidup di dalam buah melon.  Jadi berhati-hatilah dan pastikan kebersihan buah melon sebelum anda memakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *